Hore, SPP Gratis SMA/SMK/SLB Negeri Mulai Berlaku Tahun Ini

0
Pemprov Jateng mulai awal 2020 mulai menerapkan program SPP gratis bagi siswa SMA/SMK/SLB Negeri. FOTO/ISTIMEWA

PEKALONGAN (PUSKAPIK) – Kabar gembira bagi para pelajar di Jawa Tengah. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng mulai awal 2020 mulai menerapkan program SPP gratis bagi siswa SMA/SMK/SLB Negeri.

“SPP gratis kami mulai tahun ini, kalau ada yang sudah terlanjur membayar full, maka harus dikembalikan,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di sela kunjungan kerja di Pekalongan, Selasa (7/1/2020).

Ganjar meminta kepada kepala sekolah, Dinas dan Komite Sekolah untuk menyosialisasikan program baru tersebut. Mereka semua diminta transparan dan tidak bermain soal anggaran, apalagi berani melakukan tindak korupsi. “Karena sekarang siswanya ikut mengawasi. Siswa saya dorong menjadi agen-agen antikorupsi di sekolah,” ujarnya.

Menurut Ganjar, sekolah harus mengurangi jumlah pungutan kepada siswa. Segala bentuk pungutan, wajib diketahui orang tua siswa dan harus disepakati bersama. “Yang benar-benar miskin, dilarang dimintai pungutan apa pun. Saya minta ini dilaksanakan dengan baik,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, Jumeri menambahkan, dengan adanya program SPP gratis itu, maka pihak sekolah harus mengubah Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS). Jika sebelumnya RKAS dibuat sesuai tahun ajaran baru selama satu tahun, maka 2020 RKAS dibuat hanya enam bulan, yakni mulai Januari hingga Juli 2020.

“Kami sudah mengirim surat edaran ke seluruh Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB negeri terkait hal itu. Kami juga sudah melakukan sosialisasi secara intensif,” kata dia.

Seluruh kepala sekolah wajib mengembalikan pembayaran SPP yang terlanjur dilunasi oleh siswa. Apabila tidak dikembalikan secara utuh, maka akan ada sanksi tegas yang diberikan. “Kalau tidak dikembalikan, pasti kami ambil tindakan. Karena program SPP gratis ini bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi siswa, mengurangi drop out dan mengurangi kemiskinan di Jawa Tengah,” katanya. (FM)