Jelang Ramadan 1442 H, Stok Beras di Jawa Tengah Aman

0
Anggota DPRD Jateng dalam sebuah dialog di Kabupaten Batang, Minggu, 11 April 2021. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COK, Batang – Anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Tengah Ahmad Ridwan mengatakan stok beras menjelang Ramadan 1442 H dalam kondisi aman.

“Stok beras nasional masih mencukupi, dari bulan Januari sampai dengan bulan Maret 2021 saat panen raya mencapai 24 juta ton, untuk kebutuhan Jawa Tengah sendiri 6 juta ton masih surplus banyak,” kata Ridwan dalam sebuah dialog di Kabupaten Batang, Minggu, 11 April 2021.

Hadir sebagai narasumber lainnya, anggota Komisi B DPRD Jateng, Sofwan Sumadi, Ketua Komisi A DPRD Jateng Muhammad Saleh. Dialog dipandu moderator Tama Ramadhan.

Sofwan Sumadi mengatakan, kondisi pertanian di Jawa Tengah cukup stabil, bahkan di era pandemi masih bisa surplus. Berdasarkan data dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Jateng, cadangan beras mencapai 876.812 ton, bahkan di musim pandemi 2020 surpus 2,8 juta ton, baik untuk kebutuhan penanganan bencana maupun kebutuhan pokok.

Ia menyebutkan bahwa Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah akan senantiasa memantau perkembangan dan peningkatan pertanian dari segi prasarana dan penunjangnya.

“Kami Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah bersama pemerintah dan OPD akan mengawasi terkait peningkatan pertanian dari segi sarana dan prasarana maupun penunjang lainnya,” katanya.

Di sisi lain Muhammad Saleh menyampaikan keprihatinannya terkait minimnya generasi penerus petani. Ia mengajak anak muda milenial untuk meneruskan perjuangan petani dengan memanfaatkan teknologi dan dorongan dari pemerintah untuk mendukung generasi petani di setiap desa.

“Kami harap ada dukungan dan langkah pemerintah untuk membuat program, memfasilitasi dan membentuk kader-kader di setiap desa untuk menggerakkan minat generasi muda untuk menjadi petani dan menciptakan ekonomi kreatif demi kemajuan swasembada pangan di Indonesia,” kata dia.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini