Kondisi Stabil, Dua Pasien Positif Corona asal Pemalang akan di Swab Ulang

0
ILUSTRASI. FOTO/PUSKAPIK/SHUTTERSTOCK

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dua pasien asal Pemalang yang terinfeksi positif corona atau Covid-19 saat ini menjalani perawatan di RSUD dr M Ashari Pemalang. Jika kondisi kedua pasien terus stabil, maka akan dilakukan uji lab swab ulang untuk memastikan sembuh tidaknya dari infeksi Covid-19. 

“Selama menjalani perawatan di ruang isolasi, kondisi kedua pasien stabil dan mendapatkan terapi sesuai standar yang dipersyaratkan. Pasien dalam pengawasan, ditempatkan di ruang isolasi khusus dan dalam penanganan dokter spesialis paru,” kata Direktur RSUD dr M Ashari Pemalang, Sunardo Budi Santoso, dalam keterangan pers kepada Puskapik, Jumat malam, 03 April 2020.

Tim medis di RSUD lanjut Sunardo, terus mengevaluasi dan mengamati kondisi kedua pasien selama menjalani tetapi di ruang isolasi. Tenaga medis yang menangani juga dilengkapi dengan alat perlindungan diri (APD). 

“Alhamdulillah, kondisi pasien bagus, stabil. Dari assaisment Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP), sebenarnya pasien sudah diperbolehkan pulang. Tapi kami akan sampaikan laporan secara lengkap terlebih dahulu ke Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pemalang,” jelasnya.

Terpisah, Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pemalang, Tetuko Raharjo, menambahkan, ketika tanda klinis terus membaik, kedua pasien akan diuji lab swab ulang. “Jika hasil uji ulang negatif, maka pasien bisa dinyatakan sembuh. Kita sama-sama berdoa saja, semoga pasien bisa sembuh,” ujarnya.

BACA JUGA! Pasien Positif Corona di Pemalang Membaik, Bisa Sembuh

Seperti diberitakan, kondisi kesehatan dua warga Desa Sidorejo Kecamatan Comal, Pemalang yang dinyatakan positif corona terus membaik. Kedua pasien stabil, sehingga tidak perlu diinfus dan dibantu alat pernafasan.

Semula, dua pasien di rawat secara terpisah. Pasien laki-laki berumur 61 tahun di rawat di RSUD dr M Ashari Pemalang. Sedangkan satu pasien lainnya berjenis kelamin perempuan, berumur 60 tahun, menjalani isolasi di RS Bhakti Wira Tamtama, Semarang. Namun keduanya saat ini dirawat di RSUD dr M Ashari.

Bupati Pemalang, DR H Junaedi SH MM mengumumkan dua warganya yang dinyatakan positif corona. Kedua pasien sebelumnya berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan dirawat di RS Bhakti Wira Tamtama, Semarang. Keduanya dinyatakan positif, setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan melalui uji lab swab.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini