Pemkab Pemalang Kembali Raih Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK RI

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemerintah Kabupaten Pemalang kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengeculaian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, setelah sempat mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) tahun lalu.

Hasil mengembirakan ini diraih menyusul telah dilakukannya pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Pemalang Tahun 2023.

Laporan tersebut terdiri dari Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Arus Kas, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan.

Pemeriksaan ditujukan untuk memberikan opini atas kewajaran Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Pemalang dengan memperhatikan kesesuaian laporan keuangan.

Kriteria laporan meliputi Standar Akuntansi Pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Penghargaan tersebut diterima Bupati Pemalang, Mansur Hidayat di gedung BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Semarang, Rabu 22 Juni 2024.

Mansur Hidayat mengaku bersyukur dengan raihan predikat opini WTP ini. Menurutnya hal itu merupakan bukti seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Pemalang telah bekerja sama dengan baik.

Untuk itu pihaknya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran Pemkab Pemalang atas capaian yang sudah diraih, dan selanjutnya dapat dipertahankan tradisi predikat opini WTP.

“Semoga penghargaan ini menjadi motivasi dan penyemangat bagi seluruh jajaran Pemkab Pemalang untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi,” harapnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :
Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!