Naik Status Jadi Waspada, Mansur Minta Warga Pemalang di Lereng Gunung Slamet Tetap Tenang

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, mengimbau warga sekitar lereng Gunung Slamet waspada seiring kenaikan status gunung tertinggi di Jawa Tengah menjadi level II. Namun, ia minta warga tetap tenang dan tak panik.

Itu disampaikan dirinya saat meninjau kondisi Gunung Slamet melalui Pos Pemantauan di Desa Gambuhan Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang, Minggu 22 Oktober 2023.

Dalam kesempatan itu, Mansur Hidayat mendengarkan langsung penjelasan dari petugas terkait aktivitas Gunung Slamet yang sebelumnya berada pada level I (normal) naik menjadi level II (waspada) sejak 19 Oktober 2023 lalu.

Adanya kenaikan status ini, Mansur meminta warganya yang ada di lereng Gunung Slamet untuk tetap tenang dalam menyikapi kondisi tersebut. Meski demikian, dirinya juga mengimbau masyarakat untuk waspada.

“Pemkab mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan hati-hati” ujarnya.

Mansur menyebut dirinya sudah memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar selalu berkoordinasi dengan tim pemantau Gunung Slamet yang ada di Pos Pematauan Desa Gambuhan Kecamatan Pulosari ini.

“Terus terkait dengan level yang lebih tinggi, kita juga sudah menyiapkan lokasi evakuasi dan pengamanan,” imbuh Mansur

Sebagai informasi, aktivitas Gunung Slamet meningkat sejak Kamis 19 Oktober 2023 pukul 08.00 WIB. Status Gunung Slamet naik dari level I (normal) menjadi level II (waspada). Warga dan pengunjung diminta menjauh radius 2 kilometer dari kawah.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!