Tempati Kampus Baru, Ratusan Maba ITB ADIAS Pemalang Siap Jalani Ospek

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ratusan mahasiswa baru Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) ADIAS Kabupaten Pemalang dikukuhkan. Mereka bakal mengikuti Masa Orientasi Kehidupan Kampus (MOKKA) sebelum menjalani rutinitas perkuliahan.

MOKKA atau yang biasa disebut Ospek (Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus) tersebut resmi dibuka dengan dikukuhkannya mahasiswa baru di Kampus ITB ADIAS oleh Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, Jumat 22 September 2023.

Dalam tahun ajar baru ini tercatat ada sebanyak 106 mahasiswa baru di ITB ADIAS. Ratusan mahasiswa-mahasiswi baru itu terdiri dari mahasiswa prodi (program studi) S1 Manajemen, S1 Akuntansi, serta S1 Sistem Informasi.

Dalam pesannya, Plt Bupati Mansur meminta para mahasiswa baru (Maba) untuk mengikuti kegiatan masa orientasi kehidupan kampus ini dengan baik, sebagai landasan menjalani kehidupan perkuliahan mereka di kampus besar ITB ADIAS kedepannya.

“Ini jangan disia-siakan, karena adek-adek semua menjalankan tugas dari orang tua, jadi manfaatkan sebaik-baiknya, semoga kalian lulus dengan cepat.” ungkap Mansur disela-sela pengukuhan.

Mansur pun memberikan motivasinya kepada ratusan mahasiswa itu. Orang nomor satu di Kabupaten Pemalang ini bercerita sedikit tentang masa-masa dirinya berkuliah. Ia mengingatkan para maba akan pentingnya pendidikan.

“Janjinya Allah di dalam Al-Quran, kalau kita menuntut ilmu kita bakal dinaikan derajatnya. Maka kita harus terus belajar,” ungkap Mansur Hidayat.

“Dengan pendidikan yang tinggi kita bisa meningkatkan taraf ekonomi kita. Kalau pendidikan kita masih rendah, maka ekonomi juga rendah.” imbuhnya.

Mansur berharap, kehadiran ITB ADIAS mampu mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Pemalang yang masih rendah. Mengingat pendidikan menjadi salah satu indikator penting dalam IPM.

Sementara itu, Rektor ITB ADIAS Pemalang, Noor Rosyadi, mengatakan, usai dikukuhkan, ratusan mahasiswa baru ini akan mengikuti berbagai kegiatan MOKKA di kampus baru ITB ADIAS di Jalan Tegalmlati Nomor 22 Petarukan, Pemalang.

“MOKKA menjadi kegiatan wajib, jadi kalau enggak mengikuti MOKKA maka enggak bisa skripsi dan wisuda.” jelasnya.

Adanya kampus baru, Noor berharap, bakal mengundang minat warga masyarakat Kabupaten Pemalang untuk menimba ilmu di kampusnya. Noor memastikan dirinya bakal terus mendukung dan mendorong peningkatan IPM “Kota Ikhlas”.

“Kita punya target tahun depan punya 1000 mahasiswa, karena kami musti punya sedikitnya 15000 mahasiswa untuk bersumbangsih mendongkrak kenaikan IPM Kabupaten Pemalang.” tutur Noor.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top