Mulyoharjo dan Rowosari Jadi Kampung Moderasi Beragama di Pemalang

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kelurahan Mulyoharjo Kecamatan Pemalang dan Desa Rowosari Kecamatan Ulujami diluncurkan menjadi Kampung Moderasi Beragama oleh Plt Bupati Pemalang,  Mansur Hidayat. Peluncuran berlangsung di salah satu hotel di Pemalang, Rabu 26 Juli 2023.

Mansur berharap Mulyoharjo dan Rowosari dapat menjadi contoh bagi implementasi moderasi beragama di Kabupaten Pemalang. “Ke depannya, moderasi beragama ini bisa diterapkan pula di semua desa dan kelurahan di Pemalang,” harap Mansur.

Kampung Moderasi Beragama menurut Mansur, merupakan kegiatan wujud nyata sinergitas pemerintah, organisasi/lembaga agama dan para penyuluh, dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama di Kabupaten Pemalang.

Mansur melanjutkan, moderasi beragama adalah proses memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari perilaku ekstrim dan berlebihan dalam mengimplementasikannya.

Dalam kesempatan itu pula, Mansur mengajak kepada para Penyuluh Agama Islam di bawah binaan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, untuk tidak bosan menyampaikan kepada masyarakat tentang moderasi beragama.

“Karena, sikap moderat begitu penting dalam mewujudkan kehidupan yang rukun dan damai di masyarakat,” nilai Mansur.

Mansur juga mengajak kepada semua yang hadir dalam acara peluncuran tersebut, termasuk pimpinan OPD, untuk ikut berpartisipasi dalam menyebarluaskan makna moderasi beragama kepada jajarannya.

“Dengan moderasi beragama bisa tercipta toleransi beragama, tidak ekstrem, tidak radikal sehingga kerukunan akan dengan sendirinya tumbuh,” pungkasnya.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!