WBP Lapas Pekalongan Belajar Budidaya Bebek dan Pepaya California

0
Lapas Kelas II A Pekalongan melakukan program pembinaan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan budidaya bebek petelur, ayam, dan pepaya California. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Lapas Kelas II A Pekalongan terus berinovasi dalam melakukan program pembinaan kemandirian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Inovasi yang tengah dikembangkan yakni budidaya bebek petelur, ayam dan pepaya (kates) California.

Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas II A Pekalongan, Hariyadi menyampaikan bahwa budidaya ini pertama kali dikembangkan pada Mei lalu. Warga Binaan yang mengikuti program tersebut diajarkan dari masa pembibitan hingga panen. Untuk jenis sayuran yang dipilih adalah pepaya california.

“Bibit pepaya jenis california kami pilih karena relatif banyak peminatnya di pasaran. Sedangkan, budidaya bebek dipilih sebagai inovasi baru, mengingat sebelumnya di bidang peternakan juga telah melakukan budidaya ikan,” kata Hariyadi di Kantor Lapas kelas IIA Pekalongan.

Bibit bebek dan ayam sebanyak 100 ekor berusia 1 bulan. Sementara pepaya California sebanyak 75 bibit yang saat ini tengah dibudidayakan oleh warga binaan.

Ditargetkan dua bulan ke depan sudah dapat dipanen. Di mana hasilnya akan dijual dan uangnya dibagi untuk operasional pembelian bibit kembali, pemberian upah bagi warga binaan dan setoran Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) kepada negara.

Hariyadi berharap, peningkatan kemandirian kegiatan kerja tersebut bisa berjalan dengan lancar dan tidak terhambat oleh kondisi alam seperti banjir dan rob.

“Di bidang pertanian, kami menggunakan trik baru dengan dibuatkan undukan tanah agar tanaman tidak tenggelam apabila terkena banjir,” katanya.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini