Mulai Besok, Dinkes Brebes Kebut Vaksin Puluhan Ribu Orang, Kenapa?

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Puluhan ribu guru, pedagang pasar dan lansia, warga Brebes, ditargetkan divaksin Covid-19 dalam lima hari ke depan. Vaksinasi dikebut menyusul masih rendahnya cakupan dibanding daerah lain. Bahkan, menurut laporan Satgas Covid-19 Jawa Tengah, Brebes menempati urutan paling buncit, yakni pada angka 17 persen.

“Cakupan vaksin ke masyarakat di Brebes masih sangat rendah. Kemarin tulisannya 17,1 persen. Ini sangat rendah. Maka hari ini kami melakukan rapat untuk mulai besok (Rabu) melakukan vaksin serentak,” ungkap Bupati Brebes, Idza Priyanti usai menggelar rapat koordinasi di Pendopo Brebes, Selasa 8 Juni 2021.

Bupati menambahkan, yang menjadi sasaran vaksin adalah kelompok pedagang pasar, kalangan pendidik dan lansia. Untuk pelaksanaan vaksin serentak ini, Pemkab telah menyediakan 3800 vial dimana satu vial untuk vaksinasi 10 orang.

Lebih lanjut dijelaskan, pedagang yang ada divaksin tersebar di 25 pasar yang ada di 17 kecamatan dan beberapa pasar desa. Ada sekitar 6000 pedagang pasar dan 4000 pedagang pasar desa dan pasar tiban yang akan menjadi sasaran vaksiniasi.

Dari kalangan pendidik, kata Idza Priyanti ada sekitar 12 ribu orang dan sisanya adalah lansia.

“Mulai besok itu hari Rabu semua pedagang pasar akan divaksin serentak. Kemudian Kamis sama Jumat itu para pendidik sebanyak 12 ribu, jadi selama dua hari dan Sabtu adalah guru madrasah. Seninnya adalah lansia. Kita ada stok vaksin untuk 38 ribu orang,” beber Idza.

Sartono, Kepala Dinas Kesehatan Brebes mengatakan, droping vaksin tidak seimbang dengan jumlah penduduk yang menjadi sasaran vaksinasi. Sehingga cakupan vaksinnya terkesan masih rendah.

“Brebes itu penduduknya banyak. Vaksin yang dikirim ke kita itu tidak seimbang dengan jumlah sasaran yang ditetapkan. Sehingga tidak mungkin capaian kita banyak,” kilahnya.

Pelaksanaan vaksinasi serentak, akan melibatkan tenaga medis dari 38 puskesmas yang tersebar di Brebes. Dalam sehari, tiap puskesmas ditarget mampu menyuntik 200 orang.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini