Di Brebes, Dua Desa Diterjang Banjir Bandang

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Brebes – Banjir bandang terjadi di Brebes, menyusul meluapnya Sungai Keruh di bagian hulu. Dua desa di Kecamatan Sirampog, Brebes, diterjang banjir bandang, Jumat 12 Februari 2021 sore kemarin.

Banjir menerjang permukiman penduduk di Desa Igirklanceng dan Dawuhan Kecamatan Sirampog. Jalan-jalan desa mendadak berubah menjadi seperti kali, dengan arus cukup deras. Sejumlah sepeda motor yang tengah terparkir di tepi jalan nyaris terbawa arus.

Satgas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah Brebes Selatan, Budi Sujatmiko saat dikonfirmasi, membenarkan adanya banjir bandang itu. Menurut dia, bencana tersebut terjadi setelah wilayah Sirampog diguyur hujan deras selama beberapa jam. Akibatnya, beberapa sungai yang ada meluap, termasuk Sungai Keruh di bagian hulu.

“Banjir bandang ini, sekarang sudah biasa terjadi di wilayah Sirampog. Ini karena konsisi lereng barat Gunung Slamet gundul,” ucapnya saat dihubungi Sabtu 13 Februari 2021.

Dia melanjutkan, banjir bandang itu sering terjadi ketika wilayah Sirampog diguyur hujan lebat lebih dari satu jam. Kondisi ini membuat warga harus meningkatkan kewaspadaan, khususnya mereka yang pemukimannya berada di bawah aliran Sungai Keruh, Sungai Pedes dan Sungai Erang.

“Tadi, disini (Sirampog-red)hujan deras sejak pukul 16.00, bahkan ini saja masih belum reda,” pungkasnya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!