Pembinaan Fisik Kodim 0711/Pemalang Dipantau Melalui Aplikasi Strava

Para prajurit Kodim 0711/Pemalang melaksanakan pembinaan fisik dengan menggunakan aplikasi strava, Rabu 20 Januari 2021 kemarin.FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Prajurit TNI Kodim 0711/Pemalang menggunakan aplikasi Strava dalam pembinaan fisik. Para prajurit sangat antusias karena ingin melihat kemampuan serta menganalisa banyak jenis angka dan nilai yang di keluarkan atau dihasilkan selama berolahraga.

Penggunaan aplikasi strava dalam pembinaan fisik pertama kali diterapkan Kodim 0711/Pemalang pada Rabu 20 Januari 2021 kemarin. Para prajurit melaksanakan pembinaan fisik lari jalan mengelilingi kantor Makodim, jalan Brigjen Katamso no 43 kelurahan Sugihwaras, Pemalang.

Dalam kegiatan pembinaan fisik itu, prajurit sangat antusias karena ingin melihat kemampuan serta menganalisa banyak jenis angka dan nilai yang dihasilkan selama berolahraga menggunakan aplikasi smartphone strava.

Dituturkan Kasdim 0711/Pemalang, Mayor Cpm Edi Nuryanto, aplikasi Strava ini bisa digunakan untuk kegiatan sepeda, berlari, berenang, jalan, dan olahraga lainnya. Alhasil, aplikasi ini membuat olahraga menjadi kegiatan yang tidak sekedar mencari keringat saja, tetapi juga memonitor kemajuan, pola latihan, kompetisi permainan, dan media sosial.

“Aplikasi Strava ini ke depan akan digunakan terus saat anggota melaksanakan pembinaan fisik karena untuk bisa melihat hasil dan memantau perkembangan fisik prajurit di setiap harinya,” Ujar Kasdim, Kamis 21 Januari 2021.

Karena, kata Kasdim, dengan menggunakan aplikasi strava ini, aktivitas olahraga yang dilakukan para prajurit akan terpantau dan terekam. Beberapa informasi penting saat mulai berolahraga, seperti rute yang ditempuh, jarak, kecepatan, waktu, kalori yang terbakar, dan rata-rata detak jantung akan tercatat.

“Penggunaan aplikasi Strava ini bisa merekam dan melihat jejak, memplot di peta, termasuk data jarak, waktu, kecepatan, ketinggian (elevasi) dan kegiatan olahraga lainnya, seperti sepeda, lari, jalan, serta olahraga bergerak lainnya. Data-data akan tersimpan sebagai catatan pribadi yang bisa juga kita bagikan (berbagi), kita juga bisa menambahkan foto, dan informasi lainnya,” imbuh Mayor Edi.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini