Kodim 0711 Serahkan Hasil TMMD Sengkuyung Tahap III 2020 ke Pemkab Pemalang

0
Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan menandatangani prasasti sasaran fisik TMMD tahap III tahun 2020, Rabu, 21 Oktober 2020. FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Komandan Kodim (Dandim) 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan menutup sekaligus menyerahkan hasil proyek TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III tahun 2020 kepada Sekda Pemalang Mohammad Arifin mewakili Bupati Pemalang. Acara penyerahan hasil TMMD Sengkuyung tahap III itu digelar di Aula Makodim, Rabu, 21 Oktober 2020.

Hadir dalam acara penyerahan hasil TMMD Sengkuyung III tahun 2020, Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, Ketua Pengadilan Negeri Pemalang Kadarwoko, Kepala Dispermades Pemalang Tutuko Rahardjo, Kasdim 0711/Pemalang Mayor Cpm Edi Nuryanto, Staf Kejari Pemalang Sugeng, Muspika Kecamatan Comal, para Danramil dan Perwira Staf jajaran Kodim 0711/Pemalang, serta Kepala Desa Ambokulon, Mukhsinin.

Dalam sambutannya, Letkol Inf Irvan Christian Tarigan menyampaikan, TMMD ini mempunyai arti dan peran strategis untuk membangkitkan kembali semangat kebersamaan, gotong-royong, serta menumbuhkan nilai-nilai agama dan nilai-nilai luhur bangsa. Harapannya, akan lahir kembali rasa kebangsaan yang tinggi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam membangun bangsa, yang pada gilirannya untuk mewujudkan kesejahteraan, keamanan dan kemajuan.

“Penghargaan setinggi-tingginya kami berikan kepada pemerintah daerah dan masyarakat Desa Ambokulon atas dukungan dan kerja samanya, sehingga kegiatan TMMD ini dapat kita realisasikan sesuai harapan yang dicapai benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya Desa Ambokulon, Kecamatan Comal, kami titipkan agar menjaga dan merawatnya setelah jalan dibuka,” kata Dandim.

Letkol Irvan berharap, kegiatan TMMD bisa menjadi pelajaran dan pengalaman para anggota tentang bagaimana menjadikan diri sebagai bagian dari solusi dan pendorong motivasi rakyat. Sebab, TNI lahir dari rakyat dan mengabdi untuk rakyat.

Sementara itu, Sekda Pemalang Mohammad Arifin mengatakan, sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan masyarakat serta pemerintah melalui TMMD, memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk memajukan desa. Ia mengapresiasi atas kelancaran dan kesuksesan TMMD Sengkuyung III 2020 di Desa Ambokulon.

“Mari bersama-sama kita kuatkan semangat gotong-royong dan kita sengkuyung rame-rame pembangunan desa demi kesejahteraan rakyat. Desanya maju, rakyatnya sehat, pintar, mandiri, sejahtera dan memiliki karakter kebangsaan yang kuat,” ujar Sekda.

Hasil sasaran fisik TMMD Sengkuyung III tahun 2020 Kodim 0711/Pemalang di Desa Ambokulon, Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalangmeliputi pembukaan jalan dan badan jalan, serta pengurugan sepanjang 750 meter x lebar 8 meter x tinggi 80 cm. Kemudian, jembatan plat beton panjang 10 meter x lebar 1,2 meter x tinggi 1,5 meter; Jembatan sepanjang 10 meter x tinggi 0,6 meter x lebar 0,6 meter. Lalu talud 2 sisi sepanjang 140 meter x tinggi 1 meter, talud sepanjang 265 meter x lebar 0,3 meter x tinggi 0,8 meter. Kegiatan TMMD Sengkuyung tahap III dilaksanakan selama 30 hari, dari 22 September sampai dengan 21 Oktober 2020.

Adapun untuk sasaran non-fisik berupa sosialisasi penerimaan anggota TNI, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan hukum dan pencegahan Covid-19.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini