Live! Malam Ini Pemenang Festival Desa Wisata Pemalang Diumumkan

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemenang Festival Desa Wisata Kabupaten Pemalang bakal diumumkan malam ini, Selasa 29 Maret 2022. Malam anugerah festival lomba desa wisata digelar di lingga room R-Gina Hotel dan disiarkan live.

Penganugerahan ini dilakukan setelah peserta (desa wisata) melalui penilaian yang dilakukan oleh tim Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) sejak pertengahan Maret 2022 kemarin.

Sebelumnya kepada Puskapik.com, Kepala Disparpora Pemalang, Mualip, menerangkan, kompetisi ini adalah bentuk kehadiran Disparpora agar pengelola wisata di Kabupaten Pemalang tetap eksis ditengah hantaman pandemi Covid-19.

“Jangan sampai melemah, maka kita adakan Festival Desa Wisata. Pendaftaran sudah dibuka, batas akhir pendaftaran sampai tanggal 9 Maret 2022 nanti,” tutur Mualip.

Dituturkan Mualip, di Kabupaten Pemalang tercatat ada 27 Desa Wisata dengan kategori rintisan, berkembang, serta maju. Peserta festival lomba desa wisata dinilai dari daya tarik dan fasilitas yang tersedia.

“Kan ada keunikan, keotentikan, paket wisatanya, home stay yang ada, sampai yang sedetil mungkin, kamar mandi, dapur, pelayanan umum kita nilai. Utamanya toilet umum, harus dijaga kebersihan dan keselamatannya” jelas Mualip.

Kemudian, ketersediaan souvenir juga menjadi penilaian. “Sebisa mungkin desa wisata menyediakan souvenir sebagai bentuk pengembangan kearifan lokal, kita mendorong itu,” ungkap Mualip.

Penilaian terakhir, pengelola desa wisata diharuskan mampu membuat konten kreatif untuk mengekspos potensi desa wisatanya, untuk disebarkan di media sosial maupun media mainstream.

“Jadi mereka bisa mendorong promosi dan perkembangannya,” terang Mualip.

Diketahui, penganugerahan juara Festival Lomba Desa Wisata ini bakal dilakukan langsung oleh Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, dan dihadiri jajaran Forkopimda Pemalang.

Hingga berita ini diunggah, Selasa malam 29 Maret 2022, malam penganugerahan Festival Lomba Desa Wisata masih berlangsung. Acara ini juga disiarkan live di chanel YouTube @Disparpora Pemalang.

Diberitakan sebelumnya, Rabu 2 Maret 2022, Dinas pariwisata, pemuda dan olahraga (Disparpora) Kabupaten Pemalang bakal mengadakan ‘Festival Desa Wisata’. Daya tarik pengunjung serta fasilitas yeng tersedia menjadi penilaian utama kompetisi ini.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!