Jelang Lebaran, Hanya Harga Daging Sapi yang Naik

FOTO/PUSKAPIK/ERVIN AFRIWINANDA

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Menjelang Lebaran yang biasanya diikuti kenaikan harga kebutuhan pokok tinggi, namun tahun ini justru sebaliknya. Pantauan harga di sejumlah pasar tradisional seperti di Pasar Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, Rabu 13 Mei 2020, harga sejumlah kebutuhan justru turun, hanya daging sapi yang harganya naik.

Harga ayam kampung yang biasanya menjelang Lebaran mahal mencapai Rp 70 bahkan Rp 100 ribu per ekor. Namun saat ini hanya berkisar Rp 45- 55 ribu per ekornya untuk ukuran sedang. Hal ini diduga karena banyak warga yang tidak ke pasar karena larangan keluar rumah selama pandemi Covid-19 .

“Ayam kampung biasanya mahal saat mendekati Lebaran, namun sekarang justru murah, kondisi ini membuat kami pedagang juga kesulitan menjual barang sehingga susah untuk mengambil keuntungan,” kata Siti, pedagang ayam, Rabu 13 Mei 2020.

Harga sayuran juga mengalami penurunan, terutama cabai, yang biasanya menjelang Lebaran naik tajam. Namun saat ini berkisar 15- 20 ribu per Kg. Padahal tahun lalu bisa mencapai 80 ribu per Kg. Tomat hanya berkisar 8000 per Kg dari biasanya 12 ribu per Kg, bawang merah berkisar 40 ribu, bawang putih Rp 55 ribu per Kg.

“Sayuran justru turun, padahal biasanya ramai dan naik saat hampir Lebaran ini. Pembeli saat ini berkurang hampir 50 persen disbanding saat sebelum wabah corona,” kata Slamet, pedagang sayuran.

Harga kebutuhan yang naik hanya daging sapi yang biasanya berkisar Rp 100- 110 ribu per Kg saat ini berkisar Rp 120 ribu per kg.

Suasana pasar, pedagang masih seperti biasa menjual barang dagangan di pasar tradisional ini. Namun pembeli terlihat tidak seramai hari- hari biasa sebelum pandemi Covid-19.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

Tinggalkan Balasan