Penghuni Karantina Membeludak, Banyumas Operasikan Dapur Umum

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Purwokerto – Semakin bertambahnya masyarakat yang dikarantina di Gelanggang Olah Raga (Gelora) Satria Purwokerto, Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Banyumas, Rabu 6 Mei 2020 mulai mengoperasikan dapur umum.

Dapur umum tersebut melibatkan personil TNI dari Kodim 0701 Banyumas dan Polresta Banyumas serta relawan.

Wakil Bupati Banyumas Sadewo Tri Lastiono mengatakan, selain sebagai upaya penghematan anggaran juga sebagai upaya menjaga menu makanan agar sesuai dengan standart gizi yang direkomendasi dari Dinas Kesehatan Banyumas.

“Sebelumnya kita beli dari rumah makan, karena jumlahnya semakin banyak orang yang dikarantina, maka kita buka dapur umum,” katanya.

Sadewo menambahkan untuk menu makanan bervariasi, hari pertama menu dengan sayuran kacang panjang dan tempe, dengan lauk peda atau telur puyuh dan juga telur dadar.

“Selain itu juga ada buah jeruk dan the manis,” tambahnya

Pasiter Kodim 0701 Banyumas Kapt Infanteri, Putut Widodo, selaku pelaksana dapur umum mengatakan untuk hari pertama, pihaknya ditugasi oleh BPBD Kabupaten Banyumas, untuk membuat nasi dus sebanyak 250 paket. Nasi tersebut diperuntukan orang dalam pantauan (ODP) yang dikarantina, juga untuk relawan dan petugas jaga dan lain sebagainya. Menurutnya dapur umum ini mampu memasak 1000 paket nasi.

Dilaporkan, jumlah penghuni karantina GOR Satria Purwokerto,  301 orang. Yang sudah dipulangkan 154 orang, saat ini 207 orang yang terdiri laki-alki 177 orang dan perempuan 30 orang. Karantina Baturraden jumlah 17 orang 16 sehat 1 orang dirujukke rumah sakit.

Penulis : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini