14 Rumah Korban Puting Beliung, Pemdes Samong Siapkan Posko Dan Dapur Umum

Advertisement

ULUJAMI (PuskAPIK) – Korban bencana alam puting beliung di desa Samong kecamatan Ulujami kabupaten Pemalang, bertambah 3 rumah lagi menjadi 14 (baca : https://www.puskapik.com/2018/04/25/angin-kencang-terjang-11-rumah-warga-samong/ ), setelah dilakukan pendataan lanjutan oleh pemerintah desa Samong, BPBD kabupaten Pemalang serta relawan yang turut membantu dalam proses evakuasi, Kamis (26/04).

Kepala desa Samong Dahuri menjelaskan kepada puskapik.com bahwa hingga kamis (26/04) sudah tercatat sebanyak 14 rumah warganya yang teedampak bencana alam tersebut. Dijelaskan juga bahwa dari 14 rumah tersebut 3 diantaranya rusak berat, 4 rusak sedang dan 7 rumah rusak ringan. Adapun data tersebut sudah disampaikan BPBD kabupaten Pemalang sebagai laporan.

Selain itu kades Samong juga menegaskan akan langsung membuka posko penanganan bencana dan dapur umum yang pelaksanaannya akan ditempatkan di lokasi terdekat bencana.

Dari hasil pantauan puskapik.com terdapat rumah salah satu warga yanf mengalami rusak paling berat diantara rumah lainnya.

Siswoyo, warga rt.03 rw.06 desa Samong adalah pemilik rumah yang paling parah kerusakannya. Atap rumah bagian dapur sampai bagian tengah ambrol. asbes dan sebagian genting habis terbawa angin.

‘Selain asbes dan genting yang terbawa angin, juga beberapa pakaian yang berada didepan ikut hilang, serta 1 unit pompa air mengalami kerusakan,” jelas Siswoyo disela-sela membersihkan rumah dari puing2 reruntuhan.

Sementara itu, Kepala BPBD Pemalang H. Wismo melalui Kasi Kedaruratan dan Logistik (Kadalog) Tri Wahyuningsih menyampaikan setelah mendapatkan data dari pihak desa jumlah rumah yang terdampak angin puting beliung, pihaknya akan menginventarisir sesuai dengan tingkat kerusakan untuk mendapatkan bantuan baik melalui BPBD, Dinsos, PMI maupun instansi terkait. Untuk langkah awal, BPBD sudah melakukan rindakan dengan membawakan bantuan logistik untuk pekerja/relawan yang akan membantu perbaikan rumah.Bantuan selanjutnya, masih menurut Tri akan diberikan esok harinya kepada masing-masing rumah sesuai dengan tingkat kerusakan yang dialami. (hape)

Bagikan :
Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!