PDAU Pemalang Bantu Logistik Posko Perbatasan

0
Direktur PDAU, Slamet Efendi SE, menyerahkan bantuan logistik ke petugas posko Covid-19 di perbatasan Pemalang. FOTO/PUSKAPIK/HERUKUNDHIMIARSO

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Pemalang, memberikan bantuan ke 9 posko Covid-19, daerah perbatasan Pemalang, Selasa 14 April 2020. Bantuan itu berupa masker, makanan dan minuman.  

Direktur PDAU Pemalang, Slamet Efendi SE mengatakan, petugas Covid-19 Perbatasan saat ini menjadi salah satu kunci memutus mata mata rantai penyebaran pandemi corona (Covid-19). Apalagi, saat ini jumlah pemudik yang masuk wilayah Pemalang masih tergolong tinggi.

“Petugas di posko perbatasan bekerja siang dalam malam menjaga agar virus corona tidak masuk ke Pemalang. Ini jelas butuh energi yang cukup. Kami merasa terpanggil dan peduli untuk membantu,” kata Slamet Efendi kepada puskapik.com.

Menurut Slamet Efendi, pemberian bantuan tersebut sebagai dukungan dan meringankan beban para petugas yang berada di 9 posko perbatasan penanggulangan Covid-19 di wilayah Kabupaten Pemalang. “Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Pemalang DR H Junaedi SH MM, mengatakan, petugas di posko perbatasan bertugas memfilter (check poin) orang-orang dari luar daerah yang akan masuk ke Pemalang. 

Mekanisme check poin dengan memeriksa setiap orang di dalam kendaraan yang masuk untuk kemudian diperiksa suhu tubuhnya apakah melebihi batas normal atau tidak. Jika kedapatan sakit, yang bersangkutan akan langsung diarahkan ke petugas medis untuk diperiksa lebih lanjut dan diberi obat serta vitamin.

Lonjakan arus mudik menjadi perhatian khusus dalam upaya memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19. Hingga Selasa malam, 14 April 1010, jumlah pemudik yang masuk ke wilayah Pemalang mencapai 53.922 orang. Warga Pemalang di perantauan diperkirakan mencapai 200.000 orang, dari jumlah penduduk Pemalang sekitar 1,4 juta jiwa.

Penulis : Heru Kundhimiarso

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini