Junaedi: Jangan Takut Donor Darah

0
Bupati Pemalang H Junaedi mendonorkan darahnya di Pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu 8 April 2020.FOTO/PUSKAPIK/ERVIN AFRIWINANDA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Sebanyak 55 kantung darah berhasil disumbangkan oleh para pendonor di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang hari ini, Rabu 8 April 2020, di Pendopo Kabupaten Pemalang. Aksi donor darah ini terselenggara oleh PMI bersama Pemkab, TNI, Polri dan masyarakat.

Bupati Pemalang, H Junaedi menyumbangkan darahnya kepada Palang Merah Indonesia di tengah tengah wabah Covid 19. Selain mengedukasi pentingnya berdonor darah, juga untuk memberikan pemahaman jika donor darah di saat wabah Covid-19 itu aman sepanjang menggunakan Standar Operasi Prosedur (SOP).

Junaedi meminta kepada semua Aparatur Sipil Negara (ASN), dan semua masyarakat agar berperan aktif dalam menyumbangkan darahnya untuk kepentingan sesama.”Kegiatan donor darah itu penting, untuk kebugaran tubuh kita dan untuk menolong sesama. Jangan takut donor darah,” kata Junaedi.

Koordinator petugas PMI Agus Sulaiman, menjelaskan mengenai prosedur tetap dalam melaksanakan donor darah di tengah tengah pandemi virus corona. Harus menggunakan SOP sebagaimana instruksi Kementerian Kesehatan diantaranya menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) seperti baju khusus, masker dan sarung tangan.

“Jangan ragu berdonor darah, donor darah itu sehat dan tidak menularkan Covid-19, karena menggunakan protap sebagaimana instruksi Kemenkes,” kata Agus Sulaiman.

Aksi donor darah suka rela ini bertajuk ‘Bhakti Untuk Negeri’ diikuti oleh para pegawai di lingkungan Pemkab Pemalang, masyarakat, TNI dan Polri. Aksi sosial itu dilakukan di dua tempat yaitu di pendopo kabupaten dan lapangan tenis di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Pemalang.

Penulis : Dedi Muhsoni
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini