Ngopi Bareng, Gubernur Ganjar Serap Aspirasi Warga Pemalang

PEMALANG (PuskAPIK) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali melaksanakan serangkaian road show ke beberapa daerah yang salah satunya adalah kabupaten Pemalang.

Setelah sebelumnya melaksanakan kegiatan di kabupaten Brebes, gubernur melanjutkan perjalanan menuju kabupaten Pemalang, Rabu (25/10).

Bertempat di aula PTP Nusantara IX Semugih kecamatan Moga kabupaten Pemalang, gubernur Ganjar melaksanakan ngopi bareng gubeenur, tatap muka dan sambung rasa dengan warga masyarakat Pemalang pada Rabu (24/10l malam harinya. Gubernur bersama rombongan datang dilokasi acara sekitar pukul 20.00 wib dan sempat mencicipi kopi Robusta Pulosari, yang menurut gubernur rasa kopinya khas.

Dalam acara ngopi bareng gubernur, juga diberikan bantuan secara simbolis kepada desa Banyumudal dan desa Pulosari berupa bantuan keuangan dari pemerintah provinsi Jawa Tengah, Kartu Jateng Sejahtera (KJS), bantuan listrik murah, kredit mitra jeteng dan bantuan untuk perpustakaan.

Ngopi bareng bersama gubernur dihadiri oleh kepala desa se kabupaten Pemalang, Karang Taruna, KPMD dan perangkat desa, pelaku usaha, koperasi, UMKM, Relawan bencana BPBD, Tagana, Tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) Kabupaten Pemalang, ormas Ansor, Banser, Pemuda Pancasila dan masyarakat umum lainnya, serta kepala dinas OPD dan Forkopimda Pemalang.

Acara diawali dengan mengingatkan para kepala desa mengenai dana desa. bahwa kepala desa tidak perlu merasa risau dengan pengawasan yang ada selama kepala desa mampu transparan terhadap penggunaan dana desa tersebut.

Dalam setiap kesempatan bersama masyarakat Pemalang, gubernur juga mengapresiasi transparansi dana desa yang dilakukan di Kabupaten Pemalang, dimana sumber dan rencana penggunaan dana desa dipasang secara tranparan dalam bentuk poster yang dapat dilihat langsung oleh masyarakat dalam bentuk infografis. Disamping itu masyarakat umum juga dapat mengakses transparansi tersebut lewat website desa maupun sosial media yang ada.

Dalam ngobrol bareng gubernur, terjadi komunikasi langsung antara masyarakat pemalang dengan gubernur dengan beberapa masukan permasalahan yang terwakili oleh beberapa masyarakat. Muncul beberapa pertanyaan, masukan dan usulan, permohonan dan lain sebagainya.

Gubernur memberikan apreaiasi banyaknya masukan, usulan dan pertanyaan yang dijawabnya satu persatu. Gubernur memberikan support atas apa yang sudah dilakukan masyarakat Pemalang dengan UMKM serta kegiatan lainnya, serta akan berusaha memberikan solusi dan bantuan bagi masyarakat Pemalang, baik pelatihan, keuangan, perbankan san sarana lainnya. (hp).