DPRD Pemalang Dukung Relokasi APBD untuk Bantu Pangan Warga

FOTO/PUSKAPIK/REPRO CANDRA SUCIAWAN
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Ketua DPRD Pemalang, H Agus Sukoco, merespons positif rencana pengalihan dana APBD untuk membantu warga yang terdampak secara ekonomi akibat mewabahnya virus corona atau Covid-19.

“Kalau bupati akan merelokasi atau mengalihkan dana APBD untuk bantuan sosial membantu pangan warga Pemalang, saya sangat setuju dan mendukung penuh. Secepatnya akan saya komunikasikan dengan teman-teman di DPRD,” kata Agus Sukoco kepada puskapik.com, Rabu 25 Maret 2020.

Agus meminta agar eksekutif secepatnya mengajukan draf relokasi APBD yang dibutuhkan. Selain itu, langkah ini juga harus ada payung hukum yang jelas, agar tidak terjadi kesalahan. “Anggaran yang akan digeser apa, kebutuhannya berapa dan untuk apa saja, kita akan bahas soal ini dengan eksekutif. Bismillah, mudah-mudah ini langkah terbaik,” ujarnya.

Sebelumnya, Bupati Pemalang, DR H Junaedi SH MM menyatakan, akan menyiapkan anggaran untuk bantuan pangan kepada warga yang terdampak secara ekonomi akibat wabah virus corona. Karena menurutnya, penanganan corona bukan hanya terkait kesehatan masyarakat, tetapi juga penanganan dampak ekonomi melalui bantuan-bantuan sosial.

Bantuan akan diprioritaskan bagi warga yang tidak mampu. Dia meyakini pemberian bantuan tersebut akan memaksimalkan program social distancing yang dicanangkan. Rencana ini akan dikonsultasikan dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan DPRD Pemalang.  

Dasar hukum pengalihan anggaran ini adalah Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2020. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah mengalihkan anggaran yang tidak penting di APBD untuk penanganan Covid-19. Anggaran-anggaran perjalanan, pertemuan, belanja-belanja lain yang tidak dirasakan langsung oleh masyarakat diminta untuk dipangkas untuk membantu kebutuhan masyarakat. 

Penulis : Heru Kundhimiarso

Iklan

Tinggalkan Balasan