Himabisi Unsoed Peduli Gelar Kampung Bakti di Baturraden

0
Persatuan Mahasiswa Bidikmisi Wilayah V Jateng-DIY menggelar Kampung Bakti Bidik Misi 2020 di Desa Karangtengah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jumat (28/2/2020) hingga Minggu (1/3/2020). FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

BANYUMAS (PUSKAPIK) – Himpunan Mahasiswa Bidikmisi (Himabisi) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dan perwakilan Mahasiswa Bidikmisi Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Persatuan Mahasiswa Bidikmisi Wilayah V Jateng-DIY menggelar “Kampung Bakti Bidik Misi 2020″. Kegiatan yang mengusung tema “GALAKSI (Gabungan Lintas Generasi Bidikmisi), Semangat Aksi untuk Pengabdian pada Negeri” itu digelar Jumat (28/2/2020) hingga Minggu (1/3/2020) di Desa Karangtengah, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

Ketua Himabisi Unsoed, Fauzan Alsadila Hermawan mengatakan, kegiatan bertujuan untuk mengeksplorasi diri lebih luas, meningkatkan rasa tanggung jawab, serta meningkatkan kepekaan sosial mahasiswa Bidikmisi. Pada kegiatan ini para peserta dibagi dalam beberapa kelompok yang melaksanakan aktivitas dan program mereka bersama masyarakat pada umumnya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk membangun dan meningkatkan karakter mahasiswa bidikmisi yang religius, bertanggung jawab, berfikir kreatif serta peduli terhadap masyarakat dan lingkungan. Sekaligus untuk memberikan gambaran kehidupan di masyarakat guna meningkatkan kontribusi dan rasa kepekaan sosial serta ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat,” katanya.

Fauzan berharap eksistensi mahasiswa Bidikmisi yang memiliki prestasi dapat berpengaruh besar bagi generasi bangsa Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia Siti Rokhimah mengatakan, kegiatan diikuti 109 mahasiswa dari 40 perguruan tinggi di Jateng dan DIY. Adapun rangkaian kegiatan acara Kampung Bakti antara lain kerja bakti, sarasehan, senam, cek kesehatan dan penyuluhan kesehatan, penyuluhan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), bidikmisi mengajar di sekolah maupun di TPQ, lomba-lomba hiburan, pentas seni, dan jalan sehat.

“Selain itu juga ada bazar dan expo yang menjual bahan-bahan pokok atau sembako, buku, dan pakaian dengan harga murah kepada masyarakat,” katanya.

Pada akhir kegiatan terdapat pembagian hadiah lomba dan doorprize. Seluruh peserta mengikuti field trip ke Lokawisata Baturraden sekaligus memperkenalkan salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Kabupaten Banyumas.(AR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini