4.000 Anggota Pramuka Meriahkan Pesta Siaga di Kota Tegal

0
Anggota Mabicab Gerakan Pramuka Kota Tegal, Dyah Probondani memukul gong tanda dibukanya Pesta Siaga di Alun-alun Kota Tegal, Sabtu (22/02/2020) siang. FOTO/PUSKAPIK/WIJ

TEGAL (PUSKAPIK) – Sekitar 4.000 Pramuka Pra Siaga mengikuti Pesta Siaga Gerakan Pramuka 2020 Tingkat Kota Tegal, Sabtu (23/02/2020). Kegiatan yang digelar di Alun–Alun Kota Tegal ini dibuka langsung angota Mabicab Gerakan Pramuka Kota Tegal, Dyah Probondani.

Ketua Kwarcab Kota Tegal, Muhamad Jumadi menyampaikan kegiatan ini merupakan pengenalan Gerakan Pramuka sejak dini. “Semangat Pramuka dari kecil ini lah yang perlu kita tumbuhkan agar nanti setelah dia dewasa, menginjak tinggat SD, kemudian SMP, SMA bahkan sampai tingkat dewasa pun akan menjaga nilai-nilai Pramuka,” kata Jumadi.

Wakil Wali Kota Tegal ini menambahkan, Pesta Siaga juga bertujuan menggairahkan Gerakan Pramuka di Kota Tegal sebagaimana arahan Kwarcab dan Mabicab. “Langkah selanjutnya setelah ini pasti ada program-program lain, di mana dalam waktu dekat akan ada Jambore Bahari. Pramuka dan semuanya saja di Kota Tegal, kita mulai tumbuhkan kembali semangatnya,” kata Jumadi.

Sementara itu, Dyah Probondani menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pantia Pesta Siaga yang telah bekerja keras demi terselenggaranya acara ini dengan baik.

“Kita tahu bahwa kegiatan Pesta Siaga ini merupakan agenda rutin setiap tahun dengan tujuan sebagai ajang silaturahmi, bertukar informasi dan memupuk semangat persatuan dan kesatuan seluruh adik-adik pramuka siaga se-Kota Tegal. Tujuannya supaya lebih saling mengenal satu sama lainya,” kata Dyah dalam sambutannya.

Dyah juga menjelaskan bahwa Pramuka sejatinya merupakan pendidikan karakter, budi pekerti, kepedulian terhadap lingkungan. Dalam Pesta Siaga tahun ini, dia berharap diisi dengan kegiatan yang bernilai edukatif dan rekreatif. Tujuannya menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan meningkatkan kepekaan, daya kreasi, dan kemandirian serta kebersamaan anggota Pramuka Siaga.

Sebagai tingkatan gerakan Pramuka di Indonesia yang paling muda, Pramuka Siaga dalam aktivitasnya harus menggunakan pola bermain dengan penuh kegembiraan dan menanamkan nilai nilai positif. perkembangan global juga perlu diwaspadai karena selain membawa dampak positif juga membawa dampak negatif.

Dyah mengajak para pembina yang hadir bersama-sama menunjukan keseriusan membangun karakter generasi muda melalui gerakan pramuka, melalui penyedian sarana dan prasarana pendukung.

“Saya berharap niat luhur menjadikan gerakan Pramuka sebagai kawah candra dimuka dapat segera terwujud. Pesta Siaga ini juga berkewajiban membina para adik-adik Siaga supaya tumbuh menjadi pribadi yang baik, bertanggung jawab dan mampu mengisi kemerdekaan guna mewujudkan pembangunan,” kata Dyah.(WIJ)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini