Jaga Kelestarian Alam, Siswa SMP di Slawi Tanam Mangrove di Pantai Komodo

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Slawi – Kerusakan alam yang semakin parah, mendatangkan keprihatinan tersendiri bagi para siswa di SMP IT Luqman Al Hakim Slawi. Untuk ikut aktif menjaga kelestarian alam, mereka di saat musim liburan ini melakukan kegiatan penanaman bibit bakau di Pantai Komodo, Kelurahan Panggung, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Selasa (9/7/2024).

Kegiatan positif dilakukan dengan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup ( DLH) Kota Tegal. Sedikitnya 100 bibit bakau ditanam di sekitar Pantai Komodo oleh para siswa didampingi guru. Sebelum melakukan penanaman bakau, para siswa mendapat edukasi tentang tanaman bakau dan cara menanamnya dari DLH dan pegiat lingkungan.

Pembina OSIS SMP Luqman Al Hakim Slawi Sari Palupi menyampaikan, penanaman bibit bakau merupakan salah satu program sekolah dalam rangka pelestarian lingkungan hidup.” Kegiatan ini sudah diprogramkan tahun lalu, namun baru terealisasi tahun ini,” kata Sari Palupi, Selasa (9/7/2024).

Menurut dia, penanaman bibit bakau dilakukan dengan tujuan melestarikan ekosistem pantai dan mencegah terjadinya abrasi di daerah pesisir.

Sari Palupi menjelaskan , selain melaksanakan program diluar sekolah, SMP IT Luqman Al Hakim Slawi juga memiliki program yang dilaksanakan di sekolah. Diantaranya penghijauan sekolah, pilah sampah, edukasi bersama teman sebaya tentang pemanfaatan sampah organik dan anorganik. ” Program ini untuk menyukseskan SMP IT Luqman Al Hakim Slawi menjadi sekolah Adiwiyata Kabupaten Tegal. Inisiasi sekolah Adiwiyata sudah dilakukan sejak tiga tahun lalu,”jelasnya. **

Penulis : ari_red

Bagikan :
Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!