Suksesi Sekda Pemalang Serba ‘Sembunyi’

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Suksesi Sekretaris Daerah (Sekda) Pemalang dilakukan serba tertutup. Mulai dari penetapan Sekda terpilih pasca seleksi, hingga pelaksanaan upacara pengambilan sumpah jabatan sang pucuk pimpinan birokrasi.

Pantauan puskapik.com, pelantikan Sekda yang digelar di Aula Sasana Bakti Praja Kabupaten Pemalang, Selasa 19 September 2023, berlangsung tertutup. Pintu aula tampak ditutup rapat dan dilapisi pagar tali merah yang membentang di sepanjang pintu masuk aula.

Sejumlah petugas Satpol PP tampak berjaga di sekitar pintu aula selama proses pelantikan berlangsung. Wartawan yang hendak meliput upacara pelantikan Sekda ke dalam aula pun dicegat petugas protokol dan komunikasi pimpinan.

Adalah Heriyanto, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Purbalingga yang terpilih dan dilantik menjadi Sekda Pemalang itu. Terpilihnya Heriyanto pun belakangan baru diketahui publik setelah sebelumnya disembunyikan rapat-rapat.

Usai pelantikan, Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, membantah jika upacara pelantikan Sekda ini digelar tertutup. Mansur menegaskan, dirinya tak pernah memberikan perintah untuk melarang wartawan meliput prosesi pelantikan.

“Saya enggak tahu ini. Saya tidak memerintahkan begitu. Ini diluar sepengetahuan saya.” ujarnya di hadapan para awak media.

Sebagai informasi, dilantiknya Heriyanto menjadi penutup dari proses panjang seleksi Sekretaris Daerah Pemalang yang sempat diwarnai kegagalan lantaran terjegal rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Nama Heriyanto kembali masuk di barisan kandidat saat digelar seleksi ulang. Selain Heriyanto, ada Mohammad Sidik (Pj Sekda dan Kepala Disnaker Pemalang) dan Mu’minun (Kepala Dishub Pemalang) dalam tahapan final seleksi.

Pemerintah Kabupaten Pemalang sendiri melayangkan usulan pelantikan Sekda definitif sejak tanggal 25 Agustus 2023 lalu ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui aplikasi Sistem Usulan Layanan Administrasi.

Meski demikian, saat itu tak ada yang tahu persis satu dari tiga kandidat yang diusulkan dilantik. Pj Sekda Pemalang, Mohamad Sidik pun mengaku tak tahu perihal itu. Ia menyebut hanya Plt Bupati Mansur yang mengantongi nama Sekda terpilih.

“Ya, sudah kita ajukan ke Kemendagri lewat Gubernur. Yang jelas Laki-laki, tunggu aja nanti, biar surprise (kejutan).” kata Mansur menanggapi pertanyaan wartawan mengenai sosok sekda definitif, Rabu 30 Agustus 2023.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!