Dua Anak Pejabat Ikut Jambore Pramuka Dunia, Kwarcab Pemalang : Mereka Biaya Mandiri

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Pemalang buka suara soal keikutsertaan dua pelajar di Jambore Pramuka Dunia ke-25 Korea Selatan yang kini jadi sorotan di media sosial lantaran kedua-duanya anak pejabat.

Seperti diketahui, dua pelajar yang bakal mengikuti jambore pramuka dunia itu adalah Raffa Fasha Hidayat dari Gugus Depan (Gudep) SMA Negeri 1 Pemalang dan Vandis Alif Ramadhan Rouniq dari Gudep Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Pemalang.

Raffa sendiri tak lain adalah putra dari Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat. Sementara Vandis merupakan putra Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pemalang, Mualip.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Pemalang, Sukarso, menerangkan, dua peserta itu berangkat ke Korea Selatan tak serta merta dipilih ataupun dibiayai pemerintah karena latar belakang orang tuanya.

“Jadi sudah kami tawarkan secara terbuka, namun tidak ada yang berminat, karena keikutsertaan di jambore pramuka dunia itu bersifat swadaya,” jelas Sukarso kepada puskapik.com, Kamis 27 Juli 2023.

Tingginya biaya yang harus dikeluarkan bisa jadi membuat pegiat pramuka berfikir dua kali untuk ikut dalam kegiatan pramuka dunia itu. Sukarso menyebut, dua peserta jambore pramuka dunia itu, berangkat dengan biaya pribadi.

“Iya biayanya mandiri dan memang biayanya mahal sampai Rp 25 juta. Jadi bukan dibiayai pemerintah.” terang Sukarso.

“Peserta yang berangkat ini juga memang aktif di pramuka. Bahkan jambore daerah juga ikut.” imbuhnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dua pelajar pramuka asal Kabupaten Pemalang bakal berangkat mengikuti Jambore Pramuka Dunia di Sae Man Geum, Korea Selatan, tanggal 1 hingga 12 Agustus 2023.

Kedua pelajar itu, Raffa dan Vandis, akan berangkat bersama 190 pelajar lainnya dari Jawa Tengah. Diketahui, ada sekitar 1.580 peserta dari Indonesia yang ikut dalam jambore dunia di Negeri Ginseng itu.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!