Tangani Banjir Rob di Pemalang, BNPB Kirim Pompa Air Raksasa

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan bantuan pompa air raksasa kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang untuk menanggulangi bencana banjir, khususnya banjir rob di Ulujami.

Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, meninjau langsung pompa air yang diserahkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemalang itu, Selasa 28 Maret 2023. Mansur didampingi Kepala BPBD Pemalang, Wahadi.

“Ini bantuan dari BNPB, kita kemarin pengajuan kesana. Pompa air ini untuk penanganan banjir rob di wilayah Ulujami.” ujar Mansur disela-sela peninjauan.

Dititurkan Mansur, pompa air berukuran jumbo tersebut nantinya bakal diterjunkan BPBD Pemalang ketika terjadi banjir rob dan genangan air tinggi. Pompa itu akan bergerak secara mobile ke titik-titik banjir.

“Jadi ini nanti sistemnya mobile, nanti kita bisa terjunkan ke titik-titik banjir, kita sedot dan buang, untuk meminimalisir ketinggian air banjir.” terang Plt Bupati.

“Daya sedot pompa air ini 150 liter/detik. Jadi cepat ya, bisa menyurutkan genangan.” imbuhnya.

Pemkab Pemalang sendiri, kata Mansur, sebelumnya juga memberikan bantuan untuk desa-desa di Kecamatan Ulujami yang langganan terdampak banjir rob, antara lain Desa Ketapang, Desa Blendung, dan Desa Limbangan.

“Kita berikan pompa air portable untuk penanganan pertama ketika banjir rob. Nah nanti kalau genangannya tinggi ya kami terjunkan pompa air besar ini.” pungkasnya.

Seperti diketahui, banjir rob menjadi masalah klasik yang menimpa sejumlah desa di wilayah pesisir Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang. Tiap tahunnya, ada ribuan rumah yang terendam banjir rob.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini