Kirab Nagari Jembar di Randudongkal Pemalang Sedot Perhatian Warga

0

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kirab Nagari Jembar di Kabupaten Pemalang, Jumat 10 Februari 2023, disambut antusiasme warga. Mereka memadati ruas Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Raya Mejagong Randudongkal yang dilintasi rombongan kirab.

Rombongan yang dipimpin Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat dan istrinya Shanti Rosalia sore itu berhasil menyita perhatian warga. Sepanjang jalan, Mansur yang tampak mengenakan beskap itu menyapa warganya.

Para peserta dalam rombongan Kirab Nagari Jembar tampak membawa gogok berisi air yang berhias janur kuning. Pawai gunungan hasil bumi turut menjadi bagian dalam iring-iringan para pejabat yang membawa gogok itu.

“Acara ini tentu menjadi histori bagi kita semua, setelah masa pendemi kemarin, sekarang kita dapat kembali melaksanakan acara Kirab dengan semarak dan penuh suka cita.” ungkap Mansur.

“Semoga awalan ini dapat menjadi tonggak semangat yang membara untuk mewujudkan Kabupaten Pemalang yang Aman dan Ikhlas.” imbuhnya.

Menurut Mansur Hidayat, prosesi kirab ini membawa semangat kejayaan untuk memperkenalkan dan menyampaikan kepada masyarakat luas tentang potensi potensi unggulan yang dimiliki Kabupaten Pemalang.

“Baik dari aspek komoditas pertanian, kerajinan, seni budaya, desa wisata dan potensi pariwisata lainnya.” jelasnya.

Selain memberikan nilai-nilai wawasan, kata Mansur, Kirab Nagari Jembar juga memberikan wadah bagi potensi seni budaya yang ada di Kabupaten Pemalang untuk dikenalkan ke khalayak luas.

“Kegiatan ini menjadi langkah kita bersama dalam melestarikan “nguri-uri” seni budaya Kabupaten Pemalang tercinta. Semoga regenerasi dalam bidang seni budaya pada era modern saat ini akan tetap terjaga dan lestari.” terangnya.

Plt Bupati Pemalang, Mansur Hidayat menyapa warga di sepanjang jalan yang menyaksikan Kirab Nagari Jembar di Randudongkal, Jumat 10 Februari 2023.FOTO/ISTIMEWA

Diharapkan kegiatan ini dapat secara rutin diselenggarakan, karena sangat strategis dalam mendukung pengembangan sektor pariwisata khususnya Desa Wisata.

Diketahui, Kirab Nagari Jembar sendiri merupakan satu dari berbagai rangkaian kegiatan Randudongkal Desa Festival 2023 yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Pemalang ke-448.

Sementara itu, Camat Randudongkal, Ahmadi melaporkan, setelah acara kirab, esok harinya akan dilaksanakan kegiatan sarasehan rembuk desa tentang strategi dan arah kebijakan pembangunan Kabupaten Pemalang.

Saresehan rencananya akan dihadiri oleh beberapa Kepala OPD Kabupaten Pemalang dan Tim dari Kementerian PDTT.

Akhmadi menambahkan, dalam kegiatan Randudongkal Desa Festival diisi stand-stand dari masing-masing desa di wilayah Kecamatan Randudongkal yang menampilkan berbagai produk kuliner dari para pelaku UMKM.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini