Jelang Pilkada,Shabara Tingkatkan Latihan Dalmas

PEMALANG (PuskAPIK) – Satuan Sabhara Polres Pemalang Jateng gelar latihan rutin pengendalian massa dan unjuk rasa, Kamis (19/10), untuk meningkatkan kemampuan khususnya menjelang pelaksanaan pilkades serempak tahun 2018 mendatang.

Bertenpat di halaman belakang Mapolres Pemalang, kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara Polres Pemalang AKP Trio Prabowo, SH didampingi didampingi KBO Sabhara serta Kanit dan Kasubnit Dalmas.

AKP Trio Prabowo menjelaskan bahwa dalam pelatihan tersebut meliputi latihan Dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan dari helm, tongkat serta tameng.

“Pelatihan ini bertujuan untuk melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan mengingat dalam waktu dekat akan dilaksanakan pilkada serentak,” tegas AKP Trio.

Kapolres Penalang AKBP Agus Setyawan HP. S.H., S.I.K., melalui kasat Sabhara juga menyampaikan bahwa dalmas dalam pelaksanaan tugas dilapangan bergerak dalam ikatan peleton dan kompi, bergantung dari jumlah massa dan tingkat anarkis dan bahaya yang ditimbulkan.

Lebih lanjut disampaikan, dalam mengendalikan massa terdapat beberapa tahapan yang dilalui, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata atau water canon.

“Standart Operational Procedur (SOP) nya mengacu pada Perkap nomor 1 tahun 2009 tentang penggunaan perkuatan dalam tindakan kepolisian,” pungkas Kasat Sabhara. (hp)