Muncul Dugaan Pemkab Pemalang Jagokan Satu Calon Sekwan, DPRD: Jangan Kawin Paksa

0
Ketua DPRD Pemalang Tatang Kirana menyampaikan statement dalam sebuah rapat di ruang paripurna DPRD. FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang diisukan mendukung salah satu calon menjadi Sekretaris DPRD dalam seleksi calon Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP). Isu ini muncul dari pihak internal Pemerintah Kabupaten Pemalang.

“Kalau informasi yang saya dengar, dari awal pendopo (pemkab) menjagokan salah satu calon. Rumor itu datang dari salah satu ketua partai pengusung,” ujar sumber dari internal Pemkab Pemalang yang tak mau disebut namanya kepada Puskapik.com, Sabtu, 25 Desember 2021.

Menanggapi munculnya isu ini, Ketua DPRD Pemalang Tatang Kirana mengatakan bakal menunggu hasil akhir seleksi tersebut. Namun ia menegaskan, eksekutif tak bisa seenaknya mengatur kehendak DPRD.

“Ibaratnya yang pacaran kan saya, yang bercinta saya, kalau dikawin paksa ya enggak mau. Semestinya kan berhak memilih,” katanya.

Tatang mengumpamakan JPTP Sekwan sebagai istri Ketua DPRD. “Saya juga masih ganteng kok, masih bisa mencari istri sendiri,” ujarnya berkelakar.

Ia menjelaskan, andil DPRD dalam penentuan Sekretaris DPRD tercantum dalam Pasal 205 ayat 2 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Secara etika, paling tidak harusnya omong-omongan (komunikasi). Undang-undangnya yang sudah jelas saja mereka (eksekutif) mengabaikan itu terhadap DPRD, apalagi sama rakyatnya? apalagi sama jajaran PNS-nya?,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Puskapik.com sudah mencoba menghubungi Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo via ponsel untuk meminta tanggapan terkait pernyataan Ketua DPRD. Namun hingga kini belum memberikan jawaban.

Tatang sebelumnya telah mengambil keputusan menghentikan semua aktivitas DPRD yang berkaitan dengan Pemkab Pemalang. Sebab, Pemkab dinilai mengabaikan peraturan dalam seleksi calon Sekwan. DPRD bahkan berencana mengajukan gugatan ke PTUN atas sikap pemkab tersebut.

Pemkab Pemalang sendiri mengumumkan tes seleksi akhir JPTP, salah satunya formasi Sekwan. Para peserta yang lolos dan direkomendasikan kepada bupati adalah Bagus Sutopo, Sodik Ismanto, dan Umroni.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini