Lihat, Begini Launching Program Destara BKOW Jateng di Pemalang

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, bersama Ketua BKOW Jawa Tengah, Nawal Nur Arafah, melaunching program destara di pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu 3 November 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Badan Kerja Sama Organisasi Wanita (BKOW) Propinsi Jawa Tengah, melaunching program desa sejahtera (Destara). Diharapkan program ini mampu mendukung pemberdayaan perempuan dan entaskan ‘kemiskinan ekstrem’.

Program Destara itu dilaunching oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, bersama Ketua BKOW Jawa Tengah di pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu 3 November 2021.

Ketua BKOW Jateng, Nawal Nur Arafah, menyampaikan, program destara sudah menjadi program BKOW sejak 3 tahun lalu. Program destara sendiri, fokus pada kegiatan ekonomi produktif.

“Desa sejahtera ini adalah desa yang bisa memenuhi pra-sarana dasar dan bisa mensejahterahkan masyarakatnya,” ujarnya.

Desa Bantarbolang, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang, menjadi salah satu tempat pelaksanaan program tersebut, yaitu pelatihan pengolahan sirup rambutan.

Terpilihnya Desa Bantarbolang sebagai salah satu desa sasaran program destara ini, diharapkan mampu menjadi desa sejahtera yang mandiri.

“Yaitu mampu mengelola kekuatannya, kekuatan dalam mengelola aset dan potensi, yang bisa dimanfaatkan peluangnya dalam mengelola pembangunan untuk kesejahteraan warganya,” ungkap Nawal.

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, berharap, program destara ini mampu mendorong upaya pengentasan kemiskinan. Seperti diketahui, kemiskinan ekstrem menjadi PR yang tengah dihadapi pemerintah.

“Ini sangat tepat untuk kita bersama, untuk mendobrak bagaimana masyarakat miskin di Jawa Tengah, khususnya yang ‘ekstrem’ bisa dientaskan.”

Di Propinsi Jawa Tengah sendiri, ada 5 Kabupaten yang masuk daerah dengan kemiskinan ekstrem, salah satunya Kabupaten Pemalang. Bahkan, Desa Bantarbolang yang menjadi salah satu desa miskin ekstrem di dalamnya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada BKOW dan jajarannya yang saat ini benar-benar tepat sasaran.” ujar Taj Yasin.

Sementara itu, Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, menyampaikan terima kasih kepada BKOW, karena menjadikan salah satu desa di daerahnya menjadi tempat pelaksanaan program destara.

“Harapan kami, kehadiran Program Destara di Kabupaten Pemalang mampu mendukung upaya pemberdayaan perempuan, pengentasan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.” ungkap Mukti Agung.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

 

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini