Lihat, Begini Gerakan Seniman Masuk Sekolah di Pemalang

Gelar GSMS (Gerakan Seniman Masuk Sekolah) di SMP Negeri 3 Pemalang, 28 September 2021.FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Puluhan sekolah di Kabupaten Pemalang ditunjuk menerima program Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) dari Kemendikbud. Mendapat antusias luar biasa, sekolah diharapkan bisa lebih menumbuhkembangkan seni.

Kabid Kebudayaan Dindikbud Pemalang, Ismun Hadiyo, menuturkan, ‘Gerakan Seniman Masuk Sekolah’ merupakan program dari Kemendikbud sejak tahun 2017.

Tahun ini ada 40 Kabupaten/Kota se-Indonesia yang mendapat program tersebut, salah satunya Kabupaten Pemalang.

“Nah Kabupaten Pemalang tahun ini masuk dalam program itu. Ada 30 sekolah, meliputi 18 SD dan 12 SMP,” tuturnya, Rabu 29 September 2021.

Setelah melakukan sosialisasi dan workshop untuk para seniman, kegiatan program GSMS di Kabupaten Pemalang dimulai bulan Agustus dan September 2021.

“Jenis seni-nya setelah kami sisir itu ada yang karawitan, calung, baca geguritan, ada yang tari, musik band, drumband, kemudian paduan suara,” terang Ismun.

Program GSMS sendiri berformat kegiatan ekstrakulikuler, dengan peserta 10 sampai 15 murid. Kegiatan digelar 16 kali pertemuan, 1 diantaranya pementasan.

“Antusiasmenya luar biasa, padahal kebanyakan siswa masih nol tapi setelah mengikuti 15 pertemuan, kemudian dipentaskan hasilnya luar biasa,” ungkap Ismun.

Ismun mengatakan, tujuan GSMS ini adalah untuk meningkatkan karakter, memupuk bakat dan minat, serta rasa cinta anak-anak terhadap seni.

Target kedepannya, sekolah bisa lebih menumbuhkembangkan seni, salah satunya dengan memasukan kesenian dalam ekstrakulikulernya.

“Jangan kemudian berhenti di program GSMS ini saja. Perlu dukungan sekolah agar anak bisa menumbuhkembangkan seni dengan baik, termasuk disana proses belajarnya lebih menyenangkan.” tandas Ismun.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini