Latih Pendamping Sosial Pemalang, Dinsos Jateng: Banyak Warga Ketergantungan Bansos

Kepala Dinsos Jawa Tengah, Harso Susilo, menyampaikan sambutan dalam sosialisasi buku pelaksanaan Social Guarding di Balai Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Kamis 23 September 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Dinsos Jateng latih para pendamping sosial di Kabupaten Pemalang dalam mengawal bansos. Mereka diminta membimbing masyarakat agar mulai kembangkan ekonomi mandiri.

Dinas Sosial (Dinsos) Propinsi Jawa Tengah mensosialisasikan buku pelaksanaan Social Guarding di Balai Desa Sikasur, Kecamatan Belik, Kabupaten Pemalang, Kamis 23 September 2021.

Dalam kegiatan ini, Dinsos Jateng juga sekaligus memberikan pelatihan keterampilan/kecakapan social guarding bagi para pendamping sosial.

“Munculnya program sosial graduasi ini, yang pertama adalah untuk membangun keluarga harapan.” ujar Harso Susilo, Kepala Dinsos Jateng.

Pendampingan sosial, kata Harso, harus terus dilakukan secara berjenjang untuk mengatasi kemiskinan ekstrim.

“Itu sesuai dengan pidato presiden saat penyampaian RAPBN 2021 terkait dengan pendampingan sosial,” tuturnya.

Harso mengungkapkan, masih banyak masyarakat yang ketergantungan dengan bantuan sosial (bansos) dari pemerintah.

Padahal, untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) memiliki aturan batas waktu maksimal yaitu 5 tahun dan tambahan toleransi 3 tahun.

“Jangan sampai, dengan adanya bansos, justru menjadikan masyarakat tidak produktif. Masyarakat harus mulai bisa mengembangkan ekonomi mandiri,” kata Harso.

Harso berharap, para pendamping PKH bisa ikut serta mensosialisasikan kepada KPM terkait hal tersebut. Dinsos juga akan mem-verifikasi dan validasi graduasi PKH.

“Ini perlu kerjasama lintas sektor dan program, hingga masyarakat. supaya yang belum graduasi tetap didampingi agar lepas dari PKH,” tandas Harso.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini