Bukan Karena Warga Bakar Sampah, Ini Penyebab TPA Pesalakan Pemalang Kembali Terbakar

TPA Pesalakan, Desa Pegongsoran, Kabupaten Pemalang, kembali terbakar, Sabtu petang, 4 September 2021. FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Kebakaran TPA Pesalakan, Desa Pegongsoran, Kabupaten Pemalang akhirnya berhasil dipadamkan. Damkar memastikan penyebab kebakaran bukan dari aktivitas warga membakar sampah.

Korlap Damkar Pemalang, Sonhaji, menuturkan, kebakaran gunungan sampah TPA Pesalakan terjadi, Sabtu, 4 September 2021, sejak pukul 17.00 WIB. “Kebetulan ada yang piket di sana, melihat adanya api langsung melapor ke kami,” kata Sonhaji, Minggu, 5 September 2021.

Luas gunungan sampah yang terbakar, tak lebih dari 1 persen dari luas TPA sekitar 2 hektare. Beruntung, amukan si jago merah segera ditangani. Sehingga, kobaran api tak merambat luas.

“Jika terlambat sedikit saja, itu akan kesulitan. Karena sampah terbakar itu kaya sekam, di atas sudah padam tapi di bawah masih membara,” kata Sonhaji.

Dalam upaya pemadaman, satu Unit Mobil Pemadam Kebakaran diterjunkan. Pukul 20.00 WIB api berhasil dipadamkan, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Sonhaji menegaskan, penyebab kebakaran bukan karena adanya warga yang membakar sampah dan ditinggal, seperti informasi yang ramai beredar di media sosial.

“Diduga penyebabnya karena ada senyawa sampah memunculkan api, itu nyala sendiri,” ujar Sonhaji.

Damkar Pemalang mengimbau agar ke depannya petugas/pengelola di TPA Pesalakan melakukan pengawasan ketat bagi siapa pun yang hendak masuk ke area TPA. “Jangan ada yang bawa korek, rokok, dan sebagainya, untuk pencegahan agar tak terjadi kebakaran lagi,” kata Sonhaji.

Penulis: Eriko Garda Demokrasi
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini