Selama Perpanjangan PPKM, Positif Rate dan BOR RSUD di Brebes Turun

FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA
Iklan

PUSKAPIK.COM, Brebes – Sejak pelaksanaan PPKM di Brebes, sampai Senin 9 Agustus 2021 ini memberikan hasil positif. Bed Occupancy Rate (BOR) dan positive rate turun dibanding pekan lalu.

Bupati Brebes, Idza Priyanti mengungkap, selama sepekan terakhir penerapan PPKM terjadi penurunan BOR dan positive rate. Turunya dua indikator ini dibarengi naiknya angka kesembuhan.

Dijelaskan, pekan kemarin, BOR di Brebes masih diangka 60 persen. Angka ini terus menurun dan pada Senin ini menjadi 40 persen. Demikian pula dengan positive rate, di mana pada sepekan sebelumnya sebanyak 24 persen kini menjadi 23 persen.

“Selama PPKM berlangsung, indikatornya mulai turun. BOR rata rata sekarang 40 persen dan positive rate 24 persen. Ini menandakan masyarakat sudah mulai patuh terhadap protokol kesehatan. Saya harap, masyarakat menigkatkan kesadaran sehingga indikator terus menurun,” beber Idza Priyanti kepada wartawan.

Secara keseluruhan, lanjut Idza Priyanti, jumlah kasus positif corona sebanyak 10.100 orang. Jumlah meninggal dunia 1.057 orang dan 8.686 orang dinyatakan sembuh. Kasus aktif sampai hari ini sebanyak 413 orang dan 167 diantaranya dirawat, sedangkan sisanya menjalani isolasi mandiri.

Sementara data BOR di dua rumah sakit rujukan di Brebes terus menurun dibanding minggu sebelumnya. Di RSUD Brebes, keterisian bed saat ini sebanyak 31,8 persen. Dari 201 bed yang tersedia hingga hari Minggu terisi 46 bed.

Aries Suparmiati, Wadir Pelayanan RSUD Brebes, mengatakan, selama sepekan terakhir keterisian bed selalu turun setiap harinya. Hanya saja, angka kematian harian masih lumayan tinggi. Dalam tiga hari terakhir, setiap hari 7 orang pasien COVID-19 meninggal dunia.

“Tiga hari terakhir selalu berubah angkanya. anggal 6 Agustus tercatat 59 bed, 7 Agustus 50 bed dan tanggal 8 Agustus 46 bed. Angkat kematian masih lumayan banyak, tiap hari 7 orang,” kata Aries Suparmiati.

Sedangkan BOR di Rumah Sakit Bhakti Asih, dari 60 bed, sekarang terisi 31 bed atau 51,6 persen. Dirut Rumah Sakit Bhakti Asih, dr Khosiatun Azmi mengatakan, minggu pekan kemarin angka BOR rumah sakit ini masih pada 70 persen.

“Turun ya, minggu lalu 70 persen sekarang 51,6 persen. 60 bed yang ada terisi 31 bed. Untuk kematian masih ada, rata rata 1 orang per hari,” ungkapnya.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

30 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini