Sejak PPKM, Kasus Corona di Pemalang Menurun

Sekertaris Daerah (Sekda) Pemalang, Mohammad Arifin FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Sekretaris Daerah (Sekda) Pemalang, Mohammad Arifin menYATAKAN penerapan PPKM di Kabupaten Pemalang berjalan efektif. Menurutnya hal ini dapat dilihat dari penurunan bed occupancy rate (BOR) pasien Corona di RSUD Pemalang sampai minggu ke 4 di bulan Juli 2021.

“Saya baru dapat laporan situasi penanganan Covid di RSUD saat ini sudah plong tidak ada antrian lagi tidak seperti sebelumnya. Untuk 2 bangsal yang sebelumnya dialihfungsikan untuk pasien Covid juga sudah akan dikembalikan ke fungsi semula,” kata Arifin usai kegiatan penyerahan bantuan di pendopo kantor bupati Pemalang, Kamis 29 Juli 2021 kemarin.

Dia mengatakan, selain penurunan BOR, indikator lainnya seperti angka kematian Covid juga sudah menurun.

“Paling tidak ini membuktikan, upaya pemerintah dalam penanganan Covid-19 berhasil,” katanya.

Dirut RSUD Dr M Ashari Pemalang, dr Sunardo Budi Santoso Jumat 30 Juli 2021 membenarkan adanya penurunan pasien Covid-19 di RSUD. Selain itu, jumlah Nakes yang dirawat karena terpapar Covid-19 juga sudah menurun.

“Pemakaian ruang non ICU rata-rata 67,52 persen mengindikasikan bahwa terjadi penurunan pasien dan angka ini semakin ideal sudah di bawah 70 persen. Dan untuk ruang ICU rata-rata 80 persen terjadi penurunan dan semakin mendekati ideal di 70 persen, “.

Menurutnya tren penurunan pasien stay di IGD terjadi salah satunya karena adanya kecukupan rasio tenaga yang bertugas dengan jumlah pasien di setiap shift nya.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini