Pemkot Tegal Siapkan Ruang Isolasi di Tiap Kecamatan

0

PUSKAPIK.COM, Tegal – Mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal, mempersiapkan penambahan kapasitas tempat tidur, baik di rumah sakit maupun di tempat isolasi terpusat. Jika diperlukan, tiap kecamatan akan disediakan ruang isolasi.

Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriono menjelaskan, ada tiga tempat yang akan dilakukan penambahan. Masing masing RSUD Kardinah, serta dua tempat isolasi terpusat; GOR Wisanggeni dan Rusunawa Tegalsari.

Untuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah, ruang isolasi akan ditambah dari 56 bed menjadi 78 bed. Tempat isolasi terpusat Rusunawa Tegalsari dari 64 bed menjadi 88 bed, sedangkan Gedung Olah Raga (GOR) Wisanggeni Tegal Selatan dipersiapkan dengan kapasitas 50 bed.

Jika dibutuhkan dan mendesak, kata Dedy, Pemkot akan menyiapkan ruang isolasi terpusat di kecamatan-kecamatan dengan kapasitas total 100 bed.

“Ini langkah antisipasi jika ada lonjakan Covid-19. Ruang isolasi RSUD ditambah, kemudian GOR dan rusunawa Tegalsari kita siapkan untuk isolasi terpusat. Termasuk jika diperlukan di tiap kecamatan disiapkan juga tempat isolasi,” kata Dedy Senin 14 Juni 2021 siang di kompleks Balaikota Tegal.

Dedy Yon mengatakan, saat ini Pemkot beserta instansi terkait, sedang menyiapkan rencana kontinjensi sebagai upaya mengantisipasi meningkatnya kasus aktif COVID-19 di Kota Tegal. Upaya tersebut menurut Dedy Yon untuk memastikan upaya pencegahan dan penanggulangan dapat dilaksanakan dalam kondisi darurat.

“Dalam keadaan darurat, dengan rencana kontinjensi yang sudah disiapkan akan lebih mudah ditanggulangi,” tutur Dedy Yon.

Pemkot Tegal, sambung Dedy Yon, rencana kontijensi ini dilakukan apabila terjadi peningkatan Bed Occupancy Rate (BOR). Di mana terjadi peningkatan jumlah kasus aktif COVID-19 seperti terjadi di beberapa daerah di Jawa Tengah.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini