Jateng Gelar Popda Virtual, Terobosan Even Olahraga di Masa Pandemi

Pembukaan POPDA Jateng 2021 secara virtual di Hotel Patra Semarang, Rabu sore, 7 April 2021. FOTO/PUSKAPIK/ISMOE
Iklan

PUSKAPIK.COM, Semarang – Pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jateng 2021 secara virtual menjadi terobosan sebuah even olahraga di masa pandemi. Ajang multicabang tahunan khusus pelajar itu digelar berbeda dengan tahun sebelumnya. Selain virtual, juga digelar bersamaan yang berarti tidak menggunakan jenjang pendidikan (SD, SMP, dan SMA sederajat).

Popda Jateng virtual 2021 mempertandingkan/memperlombakan sembilan cabang olahraga yakni wushu, kempo, silat, tarung derajat, karate, taekwondo, senam, judo, dan panahan mulai Rabu-Sabtu, 7-10 April 2021.

“Popda Jateng kali ini diharapkan menjadi pilot project pelaksanaan even olahraga,” kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat membuka Popda Jateng Virtual 2021 di Patra Semarang Convention Hotel, Rabu, 7 April 2021.

Menurutnya, even olahraga ini merupakan kreasi dan inovasi bagaimana menjalankan pembinaan olahraga di tengah pandemi Covid-19. ”Tentunya dukungan dari semua pihak mulai dari TNI, Polri, DPRD Jateng, dan rekomendasi Satgas Covid-19 Jateng,” katanya.

Ganjar mengatakan, penyelenggaraan ini bisa menjadi contoh even lain. Sebelumnya, Jateng juga sukses menggelar even olahraga hybrid yakni Borobudur Marathon dan balap sepeda.

“Borobudur Marathon adalah satu dari tiga even lari secara virtual selain Boston dan Tokyo Marathon. Secara material memang beda tapi kebanggaan even bisa tetap berlangsung,” katanya.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jateng Sinoeng Nugroho Adi mengatakan, Popda Jateng Virtual 2021 ini merupakan test case. Sebab, provinsi ini juga menyelenggarakan event pariwisata seperti Festival Sindoro-Sumbing, Festival Topeng, dan Kota Lama.

“Ini bukti semangat Jateng untuk terus melakukan pembinaan olahraga meski dalam masa pandemi. Tentu dengan kepatuhan protokol kesehatan yang ketat,” kata Sinoeng.

Penulis: Ismoe
Editor: Faisal M

Iklan

Tinggalkan Balasan