Sekolah Tatap Muka di Kota Semarang Siap Dimulai, Dievalusi Tiap 2 Pekan

0
Simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di Semarang. FOTO/PUSKAPIK/AM HENDRA

PUSKAPIK.COM, Semarang – Pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Semarang siap diujicobakan pada 5 April nanti. Bahkan simulasi PTM sudah dilakukan dalam sepekan ini di SD Pekunden.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Gunawan Saptogiri menyatakan, dari hasil simulasi, pihaknya telah siap melakukan uji coba sesuai jadwal yakni 5 April. Untuk sementara ditunjuk tiga sekolah yakni di SMPN 5 Semarang, SD Pekunden, dan SDN Lamper Kidul 2 Semarang.

“Sebenarnya kita sudah mempersiapkan tatap muka secara mandiri Januari lalu. Tapi karena Desember 2020 angka covid naik, akhirnya batal. Nah, saat ini Presiden sudah bilang Juli nanti sudah tatap muka untuk tahun ajaran baru. Atas petunjuk Pak Wali Kota, kita siap uji coba di tanggal 5 April di beberapa sekolah, sehingga diharapkan Juli semua sekolah bisa pembelajaran tatap muka,” kata Gunawan, Rabu, 31 Maret 2021.

Gunawan mengatakan untuk memastikan PTM aman, setiap dua minggu akan dievaluasi. Jika terbukti aman dari paparan Covid-19, maka akan dilakukan penambahan sekolah setiap dua minggu itu.

Terkait vaksinasi, Gunawan mengatakan para guru di sekolah negeri telah selesai divaksinasi tinggal guru di sekolah swasta. Namun dia menargetkan pada Juni nanti vaksinasi untuk guru selesai semua. “Menurut SKB 4 Menteri ini bulan Juni vaksinasi guru harus selesai semua baik negeri maupun swasta,” katanya.

Gunawan mengatakan, persiapan PTM paling utama adalah vaksinasi semua guru. Kemudian menyiapkan protokol kesehatan yang ketat. Selanjutnya, adalah pengawasan dan disiplin menerapkan prokes.

“Nah terkait dengan keterangan kesehatan untuk peserta didik, berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan siswa-siswi yang usianya di bawah 18 tahun memiliki risiko yang kecil untuk terkena dampak Covid-19 dibanding orang dewasa. Tapi apapun itu kita harus melaksanakan protokol kesehatan secara ketat,” katanya.

Penulis: AM Hendra
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini