Lihat, ISSI Kota Tegal Sulap Jalingkut Jadi Sirkuit Balap Sepeda Nasional

0
Seorang peserta lomba balap sepeda ITT nasional memasuki finish. Perhelatan tersebut digelar di Jalingkut Kota Tegal, Sabtu siang, 19 Maret 2021.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO

PUSKAPIK.COM, Tegal – Sebanyak 321 pebalap sepeda tanah air ambil bagian dalam adu kecepatan menaklukkan trek Jalan Lingkar Untuk (Jalingkut) Kota Tegal, sepanjang kurang lebih lima hingga tujuh kilometer, Sabtu siang, 19 Maret 2021.

Event bertajuk ‘Pessona Jalingkut Ngebut’ tersebut, digelar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Tegal dan ISSI Jawa Tengah, bekerjasama dengan sejumlah klub sepeda lokal hingga nasional. Perhelatan ini digelar untuk mencari bibit baru atlet sepeda setelah sekian lama vacum akibat pandemi covid-19.

Ketua ISSI Kota Tegal, Agus Wijanarko mengatakan, kegiatan yang direkomendasikan PB ISSI dalam masa pandemi yakni kategori Individual Time Trial (ITT). Untuk itu, pihaknya memanfaatkan trek lurus di Jalingkut Kota Bahari.

“Kita bagi menjadi beberapa kelas, mulai dari Men youth, Junior, Elite, Master A dan amaster B. Kemudian Men BMX serta Women BMX,” ungkap Agus di sela kegiatan.

Menurut dia, diselenggarakannya even tersebut setelah sinyal hijau diberikan Kapolri dalam hak perizinan kegiatan olahraga yang dilaksanakan di tengah pandemi.

Keputusan tersebut diungkapkan Kapolri usai melakukan pertemuan tertutup dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali di Gedung Rupatama Mabes Polri pada awal Februari 2021.

“Hasil dari seleksi perlombaan ini diharapkan akan menjadi regenerasi atlet balap sepeda tanah air,” kata Agus.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Amin Nurrokhman

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini