Kreativitas Lansia di RPSBM Kota Pekalongan, Manfaatkan Kain Perca untuk Taplak Meja

0
Para lansia yang tinggal di RPSBM Kota Pekalongan diajak berkreativitas membuat berbagai keterampilan dan kerajinan. Salah satunya membuat taplak meja dari kain perca. FOTO/PUSKAPIK/SURYO SUKARNO

PUSKAPIK.COM, Kota Pekalongan – Para lansia yang tinggal di Rumah Perlindungan Sosial Berbasis Masyarakat (RPSBM) Kota Pekalongan diajak berkreativitas membuat berbagai keterampilan dan kerajinan. Salah satunya membuat taplak meja dari kain perca.

Kesibukan membuat kerajinan tentu menjadi hiburan tersendiri bagi para lansia sekaligus untuk mengisi waktu kosong di sela aktivitas kegiatan rohani dan olahraga yang digelar pihak RPSBM.

Usai memantau para lansia membuat kerajinan, Rabu, 17 Maret 2021, Kepala RPSBM Kota Pekalongan, Safrizal Munir mengungkapkan, ada dua lokasi RPSBM yakni untuk ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) dan untuk lansia.

“Kami berdayakan para lansia untuk ikut membuat keterampilan, di sini ada 20 lansia, dan 10 yang potensial yang ikut membuat kerajinan,” terang Rizal.

Dijelaskan Rizal, di RPSBM ada lansia yang potensial dan ada yang nonpotensial. Yang potensial mengikuti berbagai pelatihan, olahraga, dan siraman rohani. “Yang nonpotensial kami pisah. Tujuan kami yakni untuk memberdayakan lansia di usia senja agar bisa beraktivitas dan bermanfaat untuk orang lain,” kata Rizal.

Menurutnya, lansia bukan hanya diajak menjahit/membuat taplak/masker, tetapi kegiatan bercocok tanam juga dilakukan.

“Meskipun hasil kreativitas mereka belum bisa dijual secara luas tapi ketika ada kunjungan kami tawarkan. Kemarin Ibu Wali Kota Pekalongan juga membeli taplak meja dan masker hasil tangan lansia,” kata Rizal.

Kontributor: Suryo Sukarno
Editor: Faisal M

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini