Awas! Permukan Sungai Pemali Brebes, Level Merah

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Brebes – Karena ketinggian permukaan air sungai menyentuh level merah, petugas menutup jembatan Sungai Pemali yang berlokasi di Jalur Pantura Kota Brebes, Rabu 17 Februari 2021 siang.

Jembatan Pemali sisi utara terpaksa ditutup sementara untuk kendaraan roda empat atau lebih. Penutupan ini menyusul naiknya permukaan sungai terbesar di Kota Bawang, hingga posisi level merah atau awas.

Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifah mengatakan, Jembatan Sungai Pemali sisi utara ditutup, dengan pertimbangan permukaan air menyentuh gelagar jembatan. Sehingga, jika tetap dilalui kendaraan berat akan menambah beban jembatan.

“Jembatan sisi utara ini, kami tutup sementara, dan arus lalu lintas kami alihkan. Ini karena debit air Sungai Pemali sudah di level merah dan telah menyentuh gelagar jembatan,” kata Kasat Lantas Polres Brebes, AKP Putri Noer Cholifa ditemui di sela-sela pengaturan lalu lintas di Jembatan Sungai Pemali.

Upaya penutupan tersebut dilakukan untuk mengurangi beban jembatan. Apalagi, air sungai sudah menyentuh gelagar jembatan, dan usia jembatannya juga sudah tua.

Penutupan jembatan Sungai Pemali itu merupakan kali kedua yang dilakukan selama musim penghujan ini. Selama jembatan sisi utara ditutup, petugas memberlakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem kontaflow. Arus kendaraan dari arah Jakarta menuju Tegal atau sebaliknya, dialihkan ke Jembatan Sungai Pemali sisi selatan. Sementara untuk kendaraan berat semua dialihkan melalui tol.

Kontributor: Fahri Latief
Editor: Amin Nurrokhman

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini