Hujan Lebat Masih Merata, BPBD Pemalang Imbau Warga Tetap Waspada

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang memprediksi masih terjadi hujan lebat mulai hari ini hingga Selasa besok, 15-16 Februari 2021. FOTO/IST
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Wilayah Kabupaten Pemalang dalam beberapa hari terakhir dilanda hujan dengan intensitas tinggi dengan waktu yang berubah-ubah. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang memprediksi masih terjadi hujan lebat mulai hari ini hingga Selasa besok, 15-16 Februari 2021.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Jawa Tengah melalui BPBD Kabupaten Pemalang memperingatkan kepada masyarakat agar tetap waspada dalam menghadapi musim hujan ini. Cuaca ekstrem membuat sejumlah tempat tergenang air dan sarana umum seperti jalan mengalami kerusakan.

“Masyarakat diminta tetap waspada dalam menghadapi cuaca yang ektrem ini, peran warga sangat dibutuhkan,” kata Suyanto, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Pemalang.

Menurut Yanto, berdasarkan prakiraan cuaca pada Senin dan Selasa 15-16 Februari 2021, intensitas hujan lebat diawali pada pukul 10.00 WIB di wilayah Kecamatan Bantarbolang, Ampelgading, Bodeh, Pemalang, Petarukan, Taman dan Ulujami dengan suhu rata-rata antara 23-29 derajat Celcius.

Hujan lebat juga diprediksi pada sore hari pukul 16.00 WIB di wilayah Kecamatan Belik, Moga, Pulosari, Randudongkal, Warungpring dan Watukumpul dengan suhu rata-rata antara 23-29 derajat Celcius. Adapun kecepatan angin di angka 20 knot per jam.

Secara keseluruhan, kata Yanto, cuaca mulai membaik pada dinihari mulai pukul 01.00 WIB, meski ada sejumlah wilayah seperti Kecamatan Warungpring dan Watukumpul, Pulosari dan Randudongkal masih terdapat hujan ringan.

“Untuk wilayah yang terdapat bencana alam, BPBD terus melakukan pendataan, namun diimbau kepada masyarakat tetap hati-hati dalam menghadapi cuaca yang ektrem ini,” katanya.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Faisal M

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini