Pengembangan Desa Wisata, HPI Pemalang: Jangan Jalan Sendiri-sendiri

Pemateri saat memberikan pengetahuan kepada 40 peserta dari berbagi biro wisata, Rabu 27 Januari 2021. FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI
Iklan

PUSKAPIK.COM, Pemalang- Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Pemalang yakin pengembangan desa wisata tidak akan optimal jika tidak ada sinergitas antarlembaga pengelola wisata.

“Lembaga yang dimaksud yakni, Pemerintah melalui dinas pariwisata, biro-biro wisata, dan pemandu wisata. Selama ini antara ketiganya ini jalan sendiri-sendiri. Dan saat ini sudah ada upaya untuk merangkul agar berjalan bersama dengan difasilitasi Disparpora, ” ungkap wakil ketua HPI Pemalang, Hendra Sekarjati, di acara sertifikasi pramuwisata, Kamis 28 Januari 2021 di OB Wipass, Desa Surajaya.

Hendra mengatakan, dalam waktu dekat ini akan diadakan sarasehan untuk berkoordinasi dalam pengembangan desa wisata.

“Nanti kita bisa kerja bareng, jadi HPI tupoksinya apa? biro tupoksinya apa? dan dinas tupoksinya apa? akan saling bersinergi. Dari tiga komponen itu harapannya Pemalang desa wisatanya bisa maju,” katanya.

HPI Pemalang sendiri adalah organisasi yang menaungi pramuwisata secara profesional dan tersertifikasi.

Dengan didukung dinas pariwisata, HPI pada tahun ini melaksanakan kegiatan-kegiatan pengembangan pariwisata. Antara lain peningkatan SDM pramuwisata melalui pelatihan-pelatihan. Khusus untuk mendukung program desa wisata, HPI berencana membuat pelatihan khusus eko wisata.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini