Kiriman Air dari Pemalang Selatan Rendam Kota dan Genangi Fasum

Banjir di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. FOTO/PUSKAPIK/DEDI MUHSONI
Iklan

PUSKAPIK.COM,Pemalang- Hujan dengan intensitas tinggi di beberapa wilayah Kabupaten Pemalang pada Rabu malam berdampak pada kerusakan sarana dan prasara umum. Kiriman air dari hulu membuat bendungan Sokawati dan Sungapan meluap dan merendam wilayah perkotaan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Suyanto, Kamis 14 Januari 2021 mengatakan, cuaca ekstrim beberapa pekan terakhir ini membuat sejumlah sarana dan prasarana umum mengalami kerusakan. Bahkan hujan deras sejak Rabu malam membuat Jembatan Gongseng Kecamatan Randudongkal jebol diterjang air sungai.

“BPBD sedang melakukan pendataan dan informasi wilayah dan sarana umum yang rusak akibat hujan semalam, langkah yg dilakukan awal yaitu esesmen kerusakan jembatan Gongseng,” kata Yanto.

Tingginya curah hujan di wilayah punggung Pemalang membuat debut air dibebrapa bendungan mengalami peningkatan, bahkan limpas air pada bendungan Sungapan Kecamatan Taman 185 centimeter mendekati ambang awas yaitu 200 centimeter.

Debit air yang tinggi diiringi dengan kecepatan air yang mencapai 405.508 liter/ detik membuat air meluap pada anakan sungai dan merendam wilayah perkotaan dan desa di sekitaran Kali Elon.

BPBD Pemalang, memperingatkan kepada masyarakat agar lebih waspada terhadap gangguan cuaca yang berubah sewaktu-waktu.

Dari prakiraan cuaca ya yang didapat dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BPBD) pada hari ini Kamis 14 Januari 2021 Hinga Jumat 15 Januari 2021 pukul 07.00 sejumlah wilayah kondisinya berawan dan ada pula yang terdapat hujan ringan, suhu dengan rata-rata 21 hingga 31 derajat Celcius dan kecepatan angin 20 kilo meter/ jam.

Penulis: Dedi Muhsoni
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini