Jembatan KA di Brebes Roboh, di Stasiun Pemalang Jalur Pemberangkatan Sempat Dialihkan

Prasetya, Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Pemalang, saat ditemui ruang kerja, Selasa 12 Januari 2021.FOTO/PUSKAPIK/ERIKO GARDA DEMOKRASI
Iklan kamu disini!

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Robohnya pilar jembatan Kereta Api (KA) di Desa Tonjong, Kabupaten Brebes, Senin 11 Januari 2021 Kemarin. Jalur pemberangkatan KA di Stasiun Pemalang sempat dialihkan.

Itu diungkapkan Prasetya, Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) Stasiun Pemalang, saat ditemui ruang kerja, Selasa 12 Januari 2021.

“Pemalang cuma tadi malam, kereta yang harusnya lewat selatan itu diputar lewat jalur utara. Kalau selatan yang dari Jakarta ke Purwokerto, sampai ke Jogja,Solo, Surabaya kan jalur selatan. Kalau sini jalur utara,” kata Prasetya.

Prasetya menyebutkan, Kereta Api yang dialihkan tersebut diantaranya, Gajayana,Senja Utama Solo,Jayakarta Premium,Argo Lawu,Mataram,Taksaka,Progo,Hargadwipangga,Parcel Tengah,Argo Dwipangga, dan Bengawan.

Namun demikian, meskipun insiden robohnya jembatan ini mengalihkan jalur kereta, tak ada pemberangkatan yang dibatalkan di Stasiun Pemalang.

“Tapi untuk sekarang sudah bisa dilewati semua dengan kecepatan terbatas,” tutur Prasetya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Selasa 12 Januari 2021, Salah satu pilar jembatan hanyut terbawa arus air sungai. Akibatnya, jalur kereta api di Dukuh Timbang Desa Tonjong, Kecamatan Tonjong, Brebes, Jawa Tengah terputus.

Jembatan kereta yang rusak ini berada di KM 305/56 tepatnya di atas sungai Glagah. Kerusakan ini akibat salah satu pilar jembatan setinggi 22 meter roboh tergerus air sungai saat terjadi banjir, Senin malam 11 Januari 2021.

Akibatnya badan jembatan dari kerangka besi penyangga rel sepanjang 50 meter ini jatuh ke sungai. Jembatan ini hanya menyisakan rel yang menggantung di atas sungai.

Penulis : Eriko Garda Demokrasi
Editor: Amin Nurrokhman

Iklan

Tinggalkan Balasan