Pasien Positif Covid-19 di Pemalang Bertambah 3 Orang

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Pemalang, Tutuko Raharjo. FOTO/PUSKAPIK/BAKTIAWAN CANDHEKI

PUSKAPIK.COM, Pemalang – Sebanyak 3 orang di Pemalang hari ini dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan test laboratorium. Itu dikatakan oleh Jubir Gugus Tugas Covid-19, Tutuko Raharjo, Selasa sore 30 Juni 2020, dalam konfernsi pers di Posko Penanggulangan Covid 19 depan Kantor BPDB Pemalang.

Didampingi oleh Sekertaris Dinkes Pemalang Mardiyanto dan Kepala BPDB Pemalang, Wahadi, Tutuko menuturkan, dari ketiga orang yang terkonfirmasi positif adalah T (25) perempuan, warga Kecamatan Taman, W (31) laki-laki warga Kabupaten Pekalongan domisili Kecamatan Ulujami, dan A (27) laki-laki warga Kecamatan Comal.

“Yang T dan W tidak punya riwayat kontak dengan pasien Covid-19 dan tidak ada riwayat perjalanan ke luar kota, sedangkan pasien A warga Comal sebelumnya pada awal Juni baru pulang dari Saudi Arabia, sempat di rawat inap di Wisma Atlet, Jakarta, ” ujar Tutuko.

Saat ini ketiganya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.
Selain itu, Tutuko juga menjelaskan adanya perbedaan data antara Dinas Kesehatan Pemalang dan data Dinas Kesehatan Provinsi terkait pasien yang terkonfirmasi positif.

“Sebelumnya jumlah terkonfirmasi positif di Kabupaten Pemalang menurut data provinsi sebanyak 44 orang sedangkan di data Dinkes Pemkab 43 orang, “ungkapnya.

Ternyata setelah dilakukan penelusuran data, ada 1 pasien meninggal dunia pada 17 April lalu dengan status PDP yakni S (81) laki-laki, warga Kecamatan Comal.

“Setelah hasil test Swab keluar ternyata pasien tersebut positif Covid 19 dan langsung dimasukkan ke data provinsi, itu mengapa terjadi perbedaan data, ” ujarnya.

Untuk itu Dinkes Pemalang hari ini merilis pantauan update data Covid 19 yang terbaru yakni positif 44 orang, sembuh 30 orang, dirawat 12 orang, dan meninggal dunia 2 orang.

Gugus tugas menyampaikan berdasarkan prosentase antara pasien sembuh dan dirawat serta keadaan 9 orang pasien positif yang di rawat secara mandiri tidak menunjukan gejala yang serius maka Kabupaten Pemalang saat ini masih berstatus zona kuning.

Tutuko berharap kepada masyarakat Pemalang agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan karena walaupun aktifitas warga sudah berangsur normal, bahaya penularan Covid 19 masih terjadi.

Penulis : Baktiawan Candheki
Editor : Amin Nurrokhman

Tinggalkan Balasan