Pertama di Indonesia, Kota Tegal Terapkan New Normal

Walikota Tegal Dedy Yon SuprIyono memimpin apel new normal di halaman Transmart Tegal, Sabtu 30 Mei 2020.FOTO/PUSKAPIK/WIJAYANTO
KLIK Untuk Ikut Polling sekarang!

PUSKAPIK.COM, Tegal – Pelaksanaan new normal satu bulan penuh di Kota Tegal yang secara resmi di mulai hari Sabtu, 30 Mei 2020 sampai 30 Juni 2020, diharapkan bisa menjadi percontohan bagi kabupaten/kota di seluruh Indonesia, karena merupakan yang pertama diberlakukan di Indonesia.

New normal diberlakukan pasca-pencabutan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang telah berhasil menekan penyebaran Virus Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, saat memimpin apel pengamanan menuju era new normal bersama TNI/Polri dan tenaga kesehatan di halaman Transmart Kota Tegal, Sabtu siang, 30 Mei 2020.

“Kota Tegal adalah yang pertama di Indonesia melaksanakan era new normal, dimulai tanggal 30 Mei hingga 30 Juni 2020. Saya berharap Kota Tegal ini sebagai percontohan yang nantinya bisa diikuti oleh Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia,” kata Dedy Yon

Kota Tegal, sambung Dedy Yon, termasuk wilayah terkendali Covid-19. Kurvanya sudah terkendali baik PDP maupun ODP sudah mulai landai atau wilayannya zero Covid-19 dan wilayah zero.

Menyinggung pengamanan untuk menuju pelaksanaan new normal, TNI-Polri akan dilibatkan untuk menegakkan disiplin masyarakat dalam pelaksanaan protokol kesehatan, dibantu Satpol PP, Dishub, BPBD dan Tim medis khususnya yang terdiri dari dokter dan perawat yang bertugas di pusat-pusat perbelanjaan seperti swalayan dan mall.

“Pengamanan di mal selama satu bulan, mempersiapkan pengamanan satu swalayan sejumlah 43 orang yang terdiri dari 20 Polri dan 20 orang TNI, 1 dokter dan dua perawat dalam satu shiftnya,” jelas Dedy Yon.

Walikota berharap agar pelaksanaan new normal dapat berjalan sesuai yang diharapkan, masyarakat dihimbau untuk disiplin mendukung protokol kesehatan sesuai amanat Panglima TNI dan Kapolri. Demikian juga untuk menjalankan amanat Menteri Dalam Negeri yakni membudayakan hidup bersih dan sehat.

Salah satu tujuan Apel bersama kata Yon, untuk mengawal kebijakan Presiden Joko Widodo, bersama Panglima dan Kapolri, untuk mengawal era new normal untuk persiapan pemulihan ekonomi di Indonesia khususnya di Kota Tegal.

“Untuk protokol kesehatan, Pemkot telah menyiapkan 10 boks disinfektan (chamber), 20 thermogun dan 10 tempat cuci tangan dan ambulan yang disebar di beberapa mall dan supermarket di Kota Tegal,” tandas Dedy Yon.

Kontributor : Wijayanto
Editor : Amin Nurrokhman

Iklan

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan