Pemkab Pekalongan Gelar Musrenbang Secara Virtual

0
FOTO/PUSKAPIK/ISTIMEWA

PUSKAPIK.COM, Pekalongan – Di tengah pandemi virus corona, Pemkab Pekalongan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2021, Rabu 1 April 2020. Musrenbang kali ini dilakukan secara vertual di aula lantai 1 Setda Kajen.

Bupati Asip Kholbihi menjelaskan, Musrenbang kali ini dilakukan secara virtual, atau menggunakan teleconfrence dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan oleh seluruh elemen masyarakat. “Tujuannya adalah merencanakan pembangunan tahun 2021, dan ini tahun terakhir atau LPJMD yang ke 5,” kata Asip.

Musrenbang tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada, social and pisycal distance sudah dipenuhi. Karena 30 Juni adalah terakhir untuk penetapan peraturan kepala daerah tentang Rencana Kerja Kepala Daerah Tahun 2021.

Menurut Asip, prinsip perencanaan pembangunan tetap mengacu kepada LPJMD tentang pertumbuhan ekonomi, indikator makro ekonomi salah satunya adalah pertumbuhan angka ekonomi, penurunan angka kemiskinan, peningkatan indeks pembangunan manusia. Harapannya pada tahun 2021 dapat tercapai.

Terkait dengan wabah corona, Pemkab pekalongan terus mewaspadai para pendatang atau pemudik yang baru pulang. “Saudara-saudara yang datang dari Jakarta ataupun luar kota lainnya harus diantisipasi oleh para Kades dengan tim kesehatan di desa masing-masing,” ujar Asip.

Pemkab juga mengirimkan blanko untuk mendata warga desa yang secara ekonomi terdampak paling parah. Pertama diprioritaskan untuk disabilitas, orang miskin baru, yaitu masyarakat yang karena faktor pembatasan wilayah tidak bisa bekerja secara optimal.

Kontributor : Suryo Sukarno
Editor : Amin Nurrokhman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini