TNI/Polri Sosialisasikan Pencegahan Virus Corona di Pasar dan Terminal Kota Tegal

Advertisement

PUSKAPIK.COM, Tegal – Upaya mencegah penyebaran virus corona terus dilakukan berbagai pihak, termasuk oleh aparat TNI dan Polri. Seperti yang dilakukan personel Polsek dan Koramil Sumur Panggang, Kota Tegal, Minggu (22/03/2020) pagi, mereka menyosialisasikan pencegahan virus corona atau Covid-19 di Pasar Krandon dan Terminal Kota Tegal.

Di Pasar Krandon, petugas berkeliling pasar sambil memberikan imbauan kepada para pedagang dan pengunjung pasar melalui pengeras suara. Imbauan yang disampaikan antara lain agar warga tidak mengadakan kegiatan kemasyarakatan yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah banyak, baik di tempat umum maupun di lingkungan sendiri.

Pengumpulan massa yang dimaksud adalah kegiatan sosial, kebudayaan, keagamaan, lokakarya, seminar, sarasehan yang kegiatan lainnya sejenis. Kegiatan konser musik, pekan raya, bazar, festival, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga, termasuk kegiatan olahraga, kesenian, jasa hiburan, unjuk rasa, pawai dan karnaval, juga diimbau untuk tidak dilaksanakan selama masa tanggap darurat Covid-19.

Kapolsek Sumur Panggang, Kompol I Ketut Lanus mengatakan, sosialisasi digelar menindaklanjuti perintah Kapolri mengenai peran serta polisi mencegah penyebaran virus corona, antara lain dengan memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak menggelar kegiatan yang bersifat pengumpulan massa.

“Apabila dalam keadaan mendesak dan tidak dapat dihindari kegiatan yang melibatkan banyak orang, agar dilaksanakan dengan tetap menjaga jarak dan wajib mematuhi aturan pemerintah dalam hal pencegahan penyebaran virus corona,” kata I Ketut Lanus.

Kapolsek menambahkan, masyarakat juga diimbau untuk tidak melakukan pembelian secara berlebihan atau menimbun bahan pokok atau kebutuhan masyarakat lainnya.

“Kami akan melakukan tindakan tegas jika ada oknum masyarakat yang melakukam penimbunan bahan kebutuhan pokok,” kata Kapolsek.

Kegiatan yang sama juga dilakukan di Terminal Bus kota Tegal. Kepada para awak bus dan calon penumpang, petugas mengimbau agar selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat, dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun atau hand sanitizer.

Petugas juga mengajak masyarakat untuk tidak mudah mempercayai berita-berita hoaks tentang Covid-19 dan tidak ikut menyebarkannya.

“Ini yang tak kalah penting, mohon jangan mudah percaya berita-berita hoaks soal Corona yang tidak jelas sumbernya, apalagi ikut menyebarkan,” kata I Ketut.

Kontributor: Wijayanto
Editor: Faisal M

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to top
error: Konten dilindungi oleh Hak Cipta!!