Rayakan Hari Jadi ke-449 Banyumas, Ribuan Warga Ikuti Gowes dan Megot Bareng

0
Warga antusias meengikuti Gowes Bareng dalam perayaan Hari Jadi ke-449 Banyumas, Minggu (9/2/2020). FOTO/DOK.HUMAS PEMKAB BANYUMAS

BANYUMAS (PUSKAPIK) – Ribuan warga Banyumas, khususnya Purwokerto dan sekitarnya, antusias mengikuti Gowes dan Megot Bareng di Alun-alun Purwokerto, Minggu (9/2/2020). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi ke-449 Banyumas.

Kegiatan diawali dengan Gowes Bareng yang mengambil start dari Alun-Alun Purwokerto. Peserta kemudian berkeliling kota sesuai rute yang ditentukan dan finish kembali di Alun-Alun Purwokerto. Setelah itu dilanjutkan dengan megot bareng dengan Tari Egat egot Banyumasan.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengajak masyarakat Banyumas untuk melakukan pola hidup sehat, salah satunya adalah olahraga. Menurutnya kegiatan gowes dan senam megot bersama akan membawa kemanfaatan bagi masyarakat.

“Mari kita sambut Hari Jadi Banyumas yang ke 449 dengan senang, seraya terus berkerja untuk membangun Banyumas,” katanya.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Banyumas Deskart Sotyo Jatmiko mengatakan, Bupati Banyumas bersama istri, Kapolresta, Dandim, dan jajaran Forkopimda ikut dalam rangkaian kegiatan yang diikuti ribuan warga tersebut.

“Bapak Bupati dengan didampingi Kapolresta, Dandim dan jajaran Forkopimda ikut gowes dan menari egat-egot yang diikuti oleh ribuan warga Banyumas,” katanya.

Usai Gowes dan Megot Bareng, warga juga dihibur musik dan pembagian doorprize.

Jatmiko menambahkan, rangkaian kegiatan Hari Jadi Banyumas selanjutnya adalah ziarah ke Makam Raden Djoko Kahiman yang akan dilaksanakan Sabtu (15/02/2020) pekan depan sekitar pukul 07.30 WIB di kompleks Makam Dawuhan Banyumas. Kegiatan selanjutnya tasyakuran dan ruwatan di Pendopo Dupilkat Banyumas jam 09.00 WIB.

“Boyongan Saka Sipanji atau Rengosan akan dilaksanakan pada hari yang sama rencana start jam 10.00 WIB dari Pendopo Dupilkat Banyumas menuju Pendopo Sipanji Purwokerto dijadwalkan tiba pukul 17.00 WIB,” katanya.

Untuk Kirab Pusaka akan dilaksanakan pada esok harinya yaitu Minggu (16/02/2020) mulai pukul 08.30 WIB sampai dengan selesai, start dari Pendopo Wakil Bupati dan finish di Pendopo Sipanji Purwokerto.

Menurut Jatmiko, ada hal baru yang dilakukan pada Hari Jadi ke-449 Banyumas. Jika biasanya ziarah hanya dilakukan di makam Bupati Banyumas pertama, R Djoko Kahiman, maka tahun ini juga ke makam mantan-mantan Bupati Banyumas yang sudah diketahui.

“Makam bupati selain yang berada di Makam Dawuhan juga ada di Makam Keluarga Matadirejan Jalan Veteran Rejasari, makam Keboetoeh Sokaraja Lor, makam mantan Bupati Djoko Sudantoko di Magelang, dan juga makam mantan Bupati Aris Setiono di Semarang,” katanya.

Selain itu juga ada acara baru yaitu Banyumas Mantu. Kegiatan ini akan menikahkan massal sebanyak 143 pasang pengantin di Kabupaten Banyumas. Mereka adalah yang telah menikah sirih dan belum miliki dokumen pencatatan nikah.(AR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini